PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN SIRAH NABAWIYAH DI SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO

SARI LAELA, SA’DIJAH (2022) PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN SIRAH NABAWIYAH DI SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sari Laela Sa’dijah_Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Sirah Nabawiyah di SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembentukan karakter siswa melalui Pembelajaran Sirah Nabawiyah di SMP Boarding School Putra Harapan (PH) Purwokerto dilatar belakangi oleh semakin maraknya degradasi moral yang terjadi di masyarakat menuntut sekolah untuk melakukan meningkatkan pendidikan karakter. Dengan pendidikan karakter dan materi Sirah Nabawiyah diharapkan memperbaiki perilaku siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pembentukan karakter siswa melalui pendidikan karakter dan materi Sirah Nabawiyah dan tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembentukan karakter siswa melalui pendidikan karakter dan materi Sirah Nabawiyah. Penelitian yang berdasarkan paradigma kualitatif merupakan suatu proses penelitian yag dilakukan untuk memahami masalah-masalah sosial dengan membuat gambaran secara utuh atau menyeluruh dan kompleks yang didiskripsikan menggunakan rangkaian kata-kata, melaporkan informasi dari nara sumber yang dilaporkan dengan rinci serta penelitian dilakukan dalam kultur alamiah tanpa rekayasa. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisa data menggunakan model teori Miles dan Huberman bahwa pengolahan data terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. 1) Pelaksanaan sirah nabawiyah yaitu dengan memberikan materi sirah nabawiyah selama 15 menit sebelum jam pelajaran di mulai. Pemberian sirah nabawiyah dilaksanakan oleh semua guru di SMP Boarding School PH Purwokerto baik guru PAI BP maupun guru pelajaran lainnya. Sirah nabawiyah yang diberikan tidak hanya dalam lingkup kisah yang berkaitan dengan Nabi Muhammad SAW kisah yang berkaitan dengan orang shalih yang ada dalam khazanah Islam. 2) Pemberian sirah nabawiyah kepada siswa berdampak pada penguatan 13 nilai karakter yang di canangkan oleh SMP Boarding School PH Purwokerto dimana ketigabelas nilai karakter ini ialah cinta kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW, karakter kejujuran, karakter keikhlasan, karakter adil dan bijaksana, karakter berani dan percaya diri, karakter toleransi dan persaudaraan, karakter kedisiplinan, sabar dan toleransi, karakter tanggung jawab, karakter kasih sayang, karakter tekad yang kuat dan cita-cita yang tinggi, karakter keindahan dan karakter kemandirian

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Sirah Nabawiyah
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sari Laela Sa;'dijah sdr
Date Deposited: 02 Feb 2022 06:21
Last Modified: 02 Feb 2022 06:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12491

Actions (login required)

View Item View Item