EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PENGUASAAN MUFRODAT SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU 2 CILONGOK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NURUL, DEWI ASRIANI (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PENGUASAAN MUFRODAT SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU 2 CILONGOK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NURUL DEWI ASRIANI_EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PENGUASAAN MUFRODAT SISWA KELAS VII MTs MA'ARIF NU 2 CILONGOK TAHUN PELAJARAN 2020-2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media animasi dalam meningkatkan penguasaan mufrodat siswa kelas VII di MTs Ma’arif NU 2 Cilongok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian field research yaitu dengan cara terjun langsung kelapangan untuk mendapatkan data penelitian. Obyek penelitian ini diambil dari populasi siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 2 Cilongok Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 229 anak. Pengambilan sampel dilakukan secara random dengan menggunakan rumus Taro Yamane sehingga diperoleh jumlah 70 sampel. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, angket, dan tes yang berupa pilihan ganda. Instrumen tersebut telah diuji keabsahannya melalui uji validitas empiris dan uji reliabilitas. Metode pengumpulan data berupa tes dilakukan 2 kali dengan tema بيتي dan من يوميات الأسرة yang telah diuji keabsahannya melalui uji validitas isi kepada dosen ahli bahasa Arab. Adapun teknik analisis data penelitian dengan menggunakan software SPSS 17.0 for windows. Dari tabel uji paired sample t-test yang dilakukan pada dua instrument yakni angket dan instrumen tes dapat terlihat bahwa didalam hasil uji paired sample t-test pada angket didapatkan nilai t_hitung 3.397 dan nilai signifikansi 0,001. Menurut dasar pengambilan keputusan, apabila nilai t positif maka t_hitung > t_tabel. Maka 3.397 > 1,668 sehingga terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perlakuan masing – masing variabel. Kemudian dikuatkan lagi pada uji paired sample t-test pada instrument tes terlihat bahwa nilai t_hitung (-9.544) < t_tabel(1,668) maka dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat peningkatan yang signifikan antara sebelum diberikan treatment dan sesudah diberikan treatment dalam penguasaan mufrodat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media animasi efektif untuk penguasaan mufrodat pada siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 2 Cilongok Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata kunci: Efektivitas, Media Animasi, Penguasaan Mufrodat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Animasi, Penguasaan Mufrodat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
400 Language > 403 Dictionaries and encyclopedias
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: NURUL DEWI ASRIANI
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:51
Last Modified: 07 Jan 2022 07:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12373

Actions (login required)

View Item View Item