Pembentukan Solidaritas dan Konformitas di Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Ramadani, Bagus Setiawan (2021) Pembentukan Solidaritas dan Konformitas di Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ramadani Bagus S._PEMBENTUKAN SOLIDARITAS DAN KONFORMITAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manusia ialah makhluk sosial yang artinya tidak dapat hidup sendiri, akan tetapi manusia selalu membutuhkan manusia lain. Seorang individu agar dapat diterima dengan baik dalam masyarakat, termasuk individu tersebut memiliki sikap solidaritas dan konformitas yang dapat diterima dan sesuai dengan lingkungan sekitarnya. Sebagai organisasi persaudaraan, PSHT UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto tidak hanya bergerak dalam pembinaan lahiriah saja tetapi juga bergerak dalam bidang rohaniah dan kemasyarakatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah PSHT UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto dalam membentuk sikap solidaritas dan konformitas. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif lapangan, subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah warga angkatan 2019 dan 2020 yang berjumlah 9 orang, siswa atau peserta didik yang berjumlah 2 orang, dan warga pendatang sekaligus pengurus PSHT UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto yang berjumlah 2 orang dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan bahwa terbentuknya solidaritas dan konformitas dengan beberapa langkah-langkah, yaitu menanamkan rasa persaudaraan, tidak membeda-bedakan sesama anggota, memiliki panggilan khusus, sering berkumpul atau bersilaturahmi dan menjalin komunikasi, memiliki rasa tanggung jawab dan saling mencintai, menerapkan adat, budaya, atau kebiasaan, memanamkan rasa peduli dan rasa kebersamaan selama latihan dengan tindakan, dan menanamkan adab atau akhlakul karimah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Solidaritas, Konformitas, Persaudaraan, PSHT
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ramadani Bagus Setiawan sdr
Date Deposited: 30 Oct 2021 05:35
Last Modified: 30 Oct 2021 05:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12127

Actions (login required)

View Item View Item