ANALISIS PERILAKU MAHASISWI DALAM MENGGUNAKAN KOSMETIK LABEL HALAL DI PURWOKERTO

NURUL, AMANAH (2021) ANALISIS PERILAKU MAHASISWI DALAM MENGGUNAKAN KOSMETIK LABEL HALAL DI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Nurul Amanah_Analisis Perilaku Mahasiswi Dalam Menggunakan Kosmetik Label Halal Di Purwokerto.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumen merupakan tindakan langsung yang dilakukan individu, kelompok atau organisasi dalam mendapatkan dan menggunakan barang atau jasa di mana mereka melakukan pertukaran yang diawali dengan melakukan pencarian, penyeleksian, pembelian dan penggunaan serta tindakan setelah mengkonsumsi suatu barang yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi yang bertujuan untuk memuaskan keinginan dan hasrat tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku mahasiswi Purwokerto dengan mengambil sampel di UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto dalam menggunakan kosmetik label halal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel sumber data yang menggunakan purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis data dilakukan dengan kodifikasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik pemeriksaan data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari semua tindakan yang dilakukan oleh mahasiswi mengenai proses keputusan pembelian dalam memilih sampai menggunakan kosmetik, maka dapat disimpulkan bahwa mahasiswi program studi Ekonomi Syariah FEBI UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto termasuk dalam kategori perilaku konsumen dikarenakan mereka terlibat langsung dalam proses pengambilan keputusan untuk mendapatkan dan menggunakan suatu barang atau jasa, dalam hal ini adalah kosmetik berlabel halal. Dari hasil penelitian ini juga menyatakan bahwa tidak semua mahasiswa menganggap label halal itu penting. Ketika menggunakan kosmetik, selagi mereka dapat merasakan manfaat dari produk yang dipakai, maka tidak masalah untuk tetap menggunakannya. Mereka menganggap bahwa produk yang tidak memiliki label halal bukan berarti produk tersebut adalah tidak baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERILAKU KONSUMEN, KEPUTUSAN PEMBELIAN, KOSMETIK, LABEL HALAL
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Amanah sdr
Date Deposited: 26 Oct 2021 22:11
Last Modified: 26 Oct 2021 22:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11804

Actions (login required)

View Item View Item