Implementasi Bimbingan Belajar Hamasun Education dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI di Desa Jatisaba

Yati, Oktafia (2021) Implementasi Bimbingan Belajar Hamasun Education dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI di Desa Jatisaba. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Yati oktafia_ Implementasi Bimbingan Belajar Hamasun Education Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI di Desa Jatisaba.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandemic Covid-19 telah merubah tatanan kehidupan masyarakat, tidak hanya menyerang negara Indonesia namun juga melanda dunia. Keberadaan Covid-19 membuat masyarakat untuk memberhentikan aktivitas di luar rumah yang semestinya dilakukan seperti pada hari-hari biasa. Pelaksanaan karantina dan isolasi mandiri yang dihimbau oleh pemerintah tentu tidak hanya berimbas pada pekerjaan masyarakat saja, akan tetapi juga berdampak pada system pendidikan yang mestinya tetap berjalan. Wabah Covid-19 berdampak pada kegiatan belajar mengajar siswa dan guru. kegiatan yang mana biasa dilaksanakan di dalam ruang kelas pada lingkungan sekolah kini berubah menjadi dengan belajar dirumah. Kondisi ini tentu tidak mudah dilalui oleh masyarakat, di mana orang tua ikut berperan sebagai guru atau pengajar ketika belajar di dalam rumah. Siswa diberikan tugas sebagai sarana untuk mengetahui untuk pencapaian atau penilaian kemampuan. Adapun kecemasan pada diri siswa dan orang tua dimana tugas yang diberikan oleh guru sebagai kegiatan memndahkan aktivitas kelas dari belajar di sekolah menjadi belajar di rumah dibebankan pada siswa bahkan lebih baik. Selain itu, sekolah tetap melakukan kegiatan penilaian untuk kepentingan rapor kenaikan kelas pada tiap-tiap kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bimbingan belajar Hamasun Education mengimplementasikan pembelajarannya hingga dapat meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam yang terus menurun dimasa pandemi Covid-19. Dalam penulisan ini penelitian ini adalah penelitian kualitatif, alasan penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dalam hal ini penelitian dimaksud untuk mengetahui implementasi bimbingan belajar Hamasun education dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan agama Islam di Desa Jatisaba Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas, melalui pemaparan data-data dan dokumen secara tertulis. Karena sebagaimana diketahui bahwa pada dasarnya penelitan kualitatif sendiri memiliki pengertian sebagai penelitian yang ditunjukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok yang berlokasi di bimbingan belajar Hamasun Education yang terletak di Desa Jatisaba Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas yang telah dilaksanakan peneliti sesuai dengan rumusan masalah “Bagaimana Cara Implementasi Pembelajaran di Bimbingan Belajar Hamasun Education dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI di Desa Jatisaba Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi pendidikan agama islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.345 Komunitas Belajar Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yati Oktafia sdri
Date Deposited: 18 Oct 2021 22:23
Last Modified: 18 Oct 2021 22:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11576

Actions (login required)

View Item View Item