PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF FAZLUR RAHMAN

Laelatul, Hikmah (2021) PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF FAZLUR RAHMAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Laelatul Hikmah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fazlur Rahman merupakan salah satu tokoh pemikir Islam abad modern yang berasal dari negeri Pakistan yang menguasai berbagai bidang khazanah keilmuan. Beliau adalah seorang pemikir yang pemberani dalam menyuarakan ide pemikiran-pemikirannya terutama pemikiran terhadap pendidikan Islam.Pemikiran Fazlur Rahman terhadap pendidikan Islam begitu relevan dengan situasi pada saat ini.Pemikiran pendidikan Islam yang digagas oleh Fazlur Rahman lebih menitik beratkan pada sistem pendidikan, yaitu tujuan, kurikulum, sarana, dan konsep pendidik. Dari pokok pikiran tersebut akan terbentuk pendidikan Islam Neo-Modernis, pendidikan Islam yang berangkat dari tradisional dan modernis. Jika setiap lembaga dapat merealisasikan Pendidikan Islam Neo- Modernis secara tidak langsung mereka telah menyelesaikan problem-problem pendidikan seperti dikotomi ilmu pengetahuan dan akan menjadikan peserta didik yang modern dan berwawasan luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengurai Fazlur Rahman dan pembaharuan pendidikan Islam secara akurat danobyektif. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yaitu suatu penelitian yang datanya berupateori, konsep, pemikiran dan ide, dengan menggunakan pendekatan historis filosofis.Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode dokumentasi yang diperoleh dari dokumen-dokumen atau transkrip yang telah ada.Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif analitik.Deskriptif yaitu menyajikan data dengan senyata mungkin sesuai hasil penelitian yang diperoleh, kemudian dianalisis untuk mereduksi kumpulan data melalui pendeskripsian untuk memperolehkesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa esensi pembaharuan pendidikan Islam Perspektif Fazlur Rahman adalah integritas antara ilmu agama dangan ilmu umum lainnya saling terkait dan tidak dapat dipisahkan. Karena, menurut pandangan Islam bahwa ilmu pengetahuan adalah satu yaitu ilmu yang berasal dari Allah SWT. Sedangkan cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkannya yaitu dengan memadupadankan pendidikan dengan nilai-nilai Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembaharuan Pendidikan Islam dan Fazlur Rahman.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.37 Perbandingan sistem pendidikan Islam dengan sistem pendidikan lainya
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Laelatul Hikmah sdri
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:28
Last Modified: 18 Oct 2021 02:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11550

Actions (login required)

View Item View Item