IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KELAS II A MI MA'ARIF NU KALISARI

EMI, YULIANA (2021) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KELAS II A MI MA'ARIF NU KALISARI. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
EMI YULIANA_IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KELAS II MI MA'ARIF NU KALISARI (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran merupakan salah satu komponen yang terdapat pada pembelajaran, metode pembelajaran memiliki peran penting dalam terlaksananya pembelajaran karena dalam penggunaan metode pembelajaran yang tepat maka peserta didik dapat mudah memahami materi yang diajarkan sehingga tujuan pembelajara dapat tercapai dengan baik, oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti mengenai implementasi metode pembelajaran tematik pada kelas II A MI Ma’arif NU Kalisari, penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif NU Kalisari dikarenakan Pada kelas dua MI Ma’arif NU Kalisari memuat metode pembelajaran yang berfariasi serta dalam evaluasi pada kelas 2 A memiliki nilai yang lebih tinggi dari kelas yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mendeskripsikan serta menganalisis metode pembelajaran yang terdapat pada kelas II A MI Ma’arif NU Kalisari. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam skripsi ini adalah dengan menggunakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran tematik pada kelas II A MI Ma’arif NU Kalisari dalam pengumpulan data penelitian menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran tematik pada kelas II A MI Ma’arif NU Kalisari implementasi metode pembelajaran yang dilakukan oleh ibu Prikhayatul Mufidah adalah sebagai berikut metode ceramah guru menjelaskan materi yang diajarkan baik secara online maupun. Metode demonstrasi dilakukan dengan cara guru mempragakan atau mempertunjukan mengenai apa yang diajarkan, Metode tanya jawab dilakukan dengan cara guru bertanya dan peserta didik menjawab, Metode latihan dan praktek dilakukan dengan cara guru meminta peserta didik mengulang-ulang kemampuan yang diajarkan, Metode eksperimen dilakukan dengan cara guru meminta peserta didik melakukan percobaan yang ada dalam materi pembelajaran. Dalam perencanaan metode pembelajaran guru terlebih dahulu menyusun RPP kemudian metode pembelajaran ditentukan berdasarkan berbagai faktor pembelajaran.. Evaluasi yang digunakan menggunakan 2 teknik yaitu teknik tes dan teknik bukan tes. Dalam penggunaan metode pembelajaran yang digunakan dalam kelas II A MI Ma’arif NU Kalisari menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode, Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Emi Yuliana sdri
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:26
Last Modified: 11 Oct 2021 04:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11430

Actions (login required)

View Item View Item