MANAJEMEN KUALITAS PRODUK KNALPOT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Di Industri Starbo Knalpot Kembaran Kulon Purbalingga)

LAELI ROKHMAH, NIM. 092323049 (2014) MANAJEMEN KUALITAS PRODUK KNALPOT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Di Industri Starbo Knalpot Kembaran Kulon Purbalingga). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
LAELI ROKHMAH_MANAJEMEN KUALITAS PRODUK KNALPOT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Di Industri Starbo Knalpot Kembaran Kulon Purbalingga).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (720kB) | Preview

Abstract

Industri Starbo Knalpot Kembaran Kulon Purbalingga berdiri tahun 1969 dan merupakan salah satu industri yang memanfaatkan tembaga berbahan stainless sebagai bahan baku pembuatan knalpot. Industri Starbo Knalpot merupakan industri yang sukses dalam memasarkan produknya. Dengan omset penjualan perbulan mencapai Rp 100.000.000,00. Industri Starbo Knalpot milik Bapak Bani Sutomo merupakan industri kecil menengah (IKM) yang memprioritaskan keunggulan produk terhadap pelanggan. Produk yang diproduksi terkenal di dalam negeri sampai ke luar negeri seperti, Malaysia dan Jerman. Hal tersebut dikarenakan manajemen kualitas merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan berhasil tidaknya suatu produk diterima oleh pasar. Maka obyek penelitian kasus ini merumuskan apa yang terjadi dan yang sedang dihadapi perusahaan dalam analisis SWOT serta menganalisis terhadap manajemen kualitas yang dijalankan Industri Starbo Knalpot perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisisnya, penyusun menggunakan metode analisis data deskriptif yaitu metode penelitian yang bermaksud membuat pencandraan (deskripsi) mengenai situasi-situasi atau kejadian-kejadian serta metode analisis SWOT yaitu metode analisis data yang menunjukkan bahwa kinerja kebijakan dapat ditentukan oleh kombinasi faktor eksternal dan internal yakni faktor kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats). Berdasarkan hasil penelitian dari analisis ekonomi Islam, perusahaan menjalankan distribusi dengan prinsip Manajemen Syariah, melakukan usaha dengan persaingan yang sehat, pimpinan selalu berusaha menjaga hubungan yang baik dengan karyawan, konsumen dan pelanggan serta memberikan pelayanan yang terbaik, serta transaksi yang dilakukan tidak ada paksaan dan unsur penipuan agar konsumen membeli produknya. Analisis SWOT diperoleh strategi SO, ST, WO, WT, di antaranya Industri Starbo Knalpot mencari alternatif bahan baku yang sama kualitasnya dengan bahan baku impor, namun kinerja karyawan senantiasa diperhatikan dan ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kualitas Produk, Industri Starbo Knalpot, Ekonomi Islam.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 647 Management of public households
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 14 Sep 2016 03:22
Last Modified: 14 Sep 2016 03:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1129

Actions (login required)

View Item View Item