ANALISIS PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PADA KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALIM KARYA HADRATUS SYEKH K.H. HASYIM ASY'ARI

Sugeng, Riyadi (2021) ANALISIS PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PADA KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALIM KARYA HADRATUS SYEKH K.H. HASYIM ASY'ARI. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUGENG RIYADI_ANALISIS PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PADA KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALIM KARYA HADRATUS SYEKH K.H. HASYIM ASY'ARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Akhlak memiliki peringkat yang tinggi yang harus diterapkan dalam kehidupan umat Islam sehari-hari tidak terkecuali dalam pendidikan. Pendidikan akhlak diterapkan dalam kegiatan belajar dan mengajar antara pelajar dan pengajar, sehingga para pelajar dapat memiliki akhlakul karimah dan krisis moral yang terjadi di dunia pendidikan dewasa ini dapat teratasi. Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari tentang pendidikan akhlak dalam kitab “Adabul ‘Alim wal Muta’alim” (Pendidikan Akhlak untuk Pengajar dan Pelajar) sangat sesuai dengan kondisi pada saat ini. Berdasarkan tujuannya penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research) yang menjadikan bahan pustaka sebagai sumber utama, yaitu kitab “Adabul ‘Alim wal Muta’alim” karya K.H. Hasyim Asy’ari. Data yang digunakan adalah data sekunder yang dikumpulkan melalui metode kepustakaan. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif library research. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan yaitu: 1) Pendidikan Islam didasarkan pada Al-Qur’an dan As-sunah, bertujuan untuk menjadi manusia yang bertakwa kepada Allah SWT, 2) (a) pemikiran KH. Hasyim Asy’ari didasarkan pada Al-Qur’an dan Al-Hadist, murid dan guru harus memiliki niat lurus yaitu semata-mata untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT, memiliki pribadi yang berahklak mulia, saling menghormati, saling menghargai, saling memulikan, dan saling membantu, memiliki akhlak yang baik kepada buku, (b) pemikiran KH. Hasyim Asy’ari berpijak pada pemikiran tasawuf dan mengandung makna filosofi, sedang pemikiran pendidikan akhlak Muhammad Syakir lebih mencerminkan otoritas guru dan (c) Pemikiran pendidikan akhlak KH.Hasyim Asy’ari dalam kitab “Adabul‘Alim wa Muta’alim”, sangat relevan dengan pendidikan karakter dalam pendidikan nasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari, Pendidikan Akhlak, Pengajar dan Pelajar
Subjects: 200 Religion > 207 Education, research in Christianity
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sugeng Riyadi sdr
Date Deposited: 04 Sep 2021 06:42
Last Modified: 04 Sep 2021 06:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11085

Available Versions of this Item

  • UNSPECIFIED (deposited UNSPECIFIED)
    • ANALISIS PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PADA KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALIM KARYA HADRATUS SYEKH K.H. HASYIM ASY'ARI. (deposited 04 Sep 2021 06:42) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item