MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH ISLAM TERPADU DI SD IT INSAN MULIA DESA PANISIHAN KECAMATAN MAOS KABUPATEN CILACAP

Wiwit, Retnoningsih (2021) MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH ISLAM TERPADU DI SD IT INSAN MULIA DESA PANISIHAN KECAMATAN MAOS KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
WIWIT RETNONINGSIH_MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH ISLAM TERPADU DI SD IT INSAN MULIA DESA PANISIHAN KECAMATAN MAOS KABUPATEN CILACAP.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan, sekaligus merupakan pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran pada semua jenis dan jenjang pendidikan. Dalam konteks pendidikan, pengelola pendidikan di sekolah menempatkan kurikulum sebagai satu unsur dalam pendidikan. Dalam bidang pendidikan peranan kurikulum dan manajemen kurikulum juga penting. Manajemen kurikulum merupakan proses pengaturan kurikulum dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian untuk mencapai tujuan pendidikan. Sekolah Islam Terpadu adalah sekolah yang menerapkan pendekatan penyelenggaran yang memadukan pendidikan umum dan pendidikan keagamaan dan kekhasan sekolah menjadi satu jalinan kurikulum.Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk memperoleh gambaran yang lengkap tentang proses manajemen kurikulum Sekolah Islam Terpadu di SD IT Insan Mulia Maos.Fokus penelitian ini yaitu tentang “Bagamaina manajemen kurikulum Sekolah Islam Terpadu di SDIT Insan Mulia Maos?” Penelitian menggunakan penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini subyeknya adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas, pengurus yayasan, komite dan wali murid. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, obseervasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Dan teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), menarik kesimpulan (conclusion drawing/ verification). Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen kurikulum Sekolah Islam Terpadu di SDIT Insan Mulia Maos terdapat empat tahapan. Tahapannya dimulai dari perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, pengarahan kurikulum dan pengendalian kurikulum. Dalam perencanaan kurikulum dilakukan dengan membentuk tim penyusun kurikulum, kedua landasan penyusunan kurikulum yang digunakan landasan filosofis dan landasan yuridis, ketiga menyusun kurikulum terpadu, kurikulum yang menerapkan pendekatan penyelenggaraan dengan memadukan pendidikan nasional, keagamaan dan ketrampilan menjadi satu jalinan kurikulum.Tahapan pengorganisasian kurikulum dilakukan dengan menentukan struktur kurikulum yang terdiri mata pelajaran kelompok umum, muatan lokal dan pengembangan diri. Pengarahan kurikulum dilakukan dengan melakukan pengarahan, yang dilakukan satu minggu sekali yang dilakukan oleh kepala sekolah, waka kurikulum dan ketua yayasan. Kedua menjelaskan program sekolah dengan menjelaskan program tahfidz tahsin, program bahasa arab dan bahasa inggris serta program orang tua mengajar. Ketiga pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan daring dan luring, luring dilakukan tiga kali dalam seminggu dan luring dilakukan setiap lima hari sekolah dengan metode yang digunakan seperti membuat kelompok kecil dan bermain peran. Tahap pengendalian kurikulum dilakukan dengan cara melakukan pengendalian hasil belajar anak yang dilakukan dengan melakukan penilaian dengan cara mengerjakan soal yang dilakukan setiap akhir tema, ujian tengah semester dan ujian akhir semester dan pengendalian kinerja guru dilakukan dengan melakukan penilaian administrasi pembelajaran seperti kelengkapan progam tahunan, program semester, kelengkapan silabus, RPP dan penilaian pengelolaan kelas dilakukan dengan menilai kemampuan guru dalam berinteraksi atau kemampuan guru dalam menyampaikan materi. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Kurikulum Sekolah Islam Terpadu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Kurikulum Sekolah Islam Terpadu
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Wiwit retnoningsih
Date Deposited: 18 Aug 2021 01:42
Last Modified: 18 Aug 2021 01:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10904

Actions (login required)

View Item View Item