PERAN GURU DALAM PENGADAPTASIAN PEMBELAJARAN DIMASA PENADEMI COVID-19 KEPADA PESERTA DIDIK BARU (KELAS IA) DIMI MA'ARIF NU 01 SOKARAJA TENGAH, BANYUMAS

Riska, Nurfitriani (2021) PERAN GURU DALAM PENGADAPTASIAN PEMBELAJARAN DIMASA PENADEMI COVID-19 KEPADA PESERTA DIDIK BARU (KELAS IA) DIMI MA'ARIF NU 01 SOKARAJA TENGAH, BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RISKA NURFITRIANI_PERAN GURU DALAM PENGADAPTASIAN PEMBELAJARAN DIMASA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pandemi covid-19 berdampak besar pada berbagai sektor, salah satunya yaitu dalamdunia pendidikan. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan padamestiya, meskipun peserta didik berada di rumah. Dan guru juga harus bisa memerankanperannyadalampembelajarandimasapandemi,yangmanapembelajaransebelumnyadilakukansecaratatapmukadisekolah,akantetapisetelahadanyapandemicovid-19pembelajaran harus dilakukan secara jarak jauh menggunakan media online. Hal tersebuttentunya perlu adanya pengadaptasian pembelajaran yang harus dilakukan guru terhadappeserta didik. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai peranguru dalam pengadaptasian pembelajaran dimasa pandemi covid-19 kepada peserta didikbaru(kelasIA)di MIMa’arifNU01SokarajaTengah,Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian lapanganyang bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalampengadaptasianpembelajarandimasa pandemicovid-19kepada pesertadidikbaru (kelasIA) di MI Ma’arif NU 01 Sokaraja Tengah, Banyumas. Dalam pengumpulan data penelitimenggunakanmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi. Hasilpenelitianinimenunjukanbahwaperangurudalammengadaptasikanpembelajaran dimasa pandemi covid kepada peserta didik baru (kelas IA) di MI Ma’arif NU01 Sokaraja Tengah, Banyumas, adalah: 1) Sebagai pendidik dan pengajar, yang berperansebagai motivator untuk peserta didiknya guna membangkitkan rasa semangat peserta didikdalam mengikuti pembelajaran dimasa pandemi, 2) Sebagai mediator atau sumber belajardanfasilitator,yangberusahamengfasilitasimedia-mediapembelajaranyangtidakmembuatpesertadidikjenuhdalammengikutipembelajaran,3)Sebagaimotivator,memberi motivasi belajar kepada peserta didik guna membangkitkan rasa semangat pesertadidik dalam belajar, 4) Sebagai Inspirator, yang memberikan inspirasi melalui cerita-ceritapengalan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pengadaptasian Pembelajaran, Masa Pandemi
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Riska Nurfitriani
Date Deposited: 13 Aug 2021 00:51
Last Modified: 13 Aug 2021 00:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10833

Actions (login required)

View Item View Item