Tindak Pidana Pencabulan Sejenis Dengan Tipu Muslihat Dan Ancaman Terhadap Anak Menurut Hukum Islam (Studi Analisis Putusan Perkara No. 84/Pid.Sus/2017/PN.Skt)

Fajri, Sri Utari (2021) Tindak Pidana Pencabulan Sejenis Dengan Tipu Muslihat Dan Ancaman Terhadap Anak Menurut Hukum Islam (Studi Analisis Putusan Perkara No. 84/Pid.Sus/2017/PN.Skt). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fajri Sri Utari_Tindak Pidana Pencabulan Sejenis Dengan Tipu Muslihat Dan Ancaman Terhadap Anak Menurut Hukum Islam (Studi Analisis Putusan Perkara No. 84Pid.Sus2017PN.Skt).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pencabulan merupakan segala tindak pidana yang bertentangan dan melanggar kesopanan serta kesusilaan yang berhubungan dengan alat kelamin atau bagian tubuh lainnya yang dapat merangsang nafsu seksual yang biasanya didasari dengan perasaan suka sama suka ataupun tidak disukai salah satu pihak dan merasa dirugikan, pencabulan tersebut berbeda dengan tindak pemerkosaan dan pelecehan seksual bahwa dari keduanya biasanya tanpa didasari perasaan suka sama suka dan dari pihak korban akan merasakan dirugikan, tetapi pencabulan dalam penelitian ini berkaitan dengan pencabulan sesama jenis (sodomi) yang merugikan korbannya sebagai anak dibawah umur. Dalam Hukum Islam perbuatan tersebut dapat dikenai sanksi yaitu jarimah ta’zir. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pustaka (library research), sehingga mengambil dan mengolah data dari sumber-sumber kepustakaan seperti buku-buku dan jurnal yang terkait dengan penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif (yurudis normatif) atau penelitian doktrinal. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode dokumentasi yakni data-data yang dikumpulkan dari sumber-sumbernya seperti catatan pribadi, buku harian laporan kerja, notulen rapat dan lain sebagainya. Dan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi (Content Analysis), yaitu suatu teknik dipergunakan dalam menganalisis terhadap isi suatu informasi secara tertulis yang bertujuan untuk menarik kesimpulan dari informasi yang dianalisis tersebut. Penelitian ini menunjukan bahwa pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara didasarkan pada alat bukti dan fakta-fakta yang telah terungkap di persidangan, terdakwa melakukan tindak pidana pencabulan sejenis dengan tipu muslihat terhadap anak di bawah umur didakwa dengan dakwaan alternatif yaitu melanggar pasal 82 ayat (1) UU RI No.35 tahun 2014 jo.UU RI No.23 tahun 2002 tentang perlindungan anak atau melanggar pasal 292 KUHP, dan didakwa dengan dakwaan kesetu. Sedangkan, pada Hukum Pidana Islam pencabulan sejenis memiliki arti perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh syara’ dan dari perbuatan tersebut pelaku kejahatan tersebut akan mendapatkan sanksi jarimah ta’zir karena dalam perkara ini antara pelaku dan korban memiliki jenis yang sama yaitu laki-laki sehingga tidak mungkin terjadi persetubahan antara keduanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pencabulan, anak
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.5 Jinayat (Pidana Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Fajri Sri Utari sdr
Date Deposited: 13 Aug 2021 00:49
Last Modified: 13 Aug 2021 00:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10832

Actions (login required)

View Item View Item