IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MASA PADEMI COVID-19 DI MI MA'ARIF NU KARANGNANGKA KEC. KEDUNGBANTENG KAB. BANYUMAS

Susi, Susi (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MASA PADEMI COVID-19 DI MI MA'ARIF NU KARANGNANGKA KEC. KEDUNGBANTENG KAB. BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUSI_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MA'ARIF NU KARANGNANGKA KEC. KEDUNGBANTENG KAB. BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Karakter merupakan salah satu hal penting yang harus ada pada diri manusia, baik dalam kehidupan manusia sebagai makhluk individu maupun sebagai anggota masyarakat dan bangsa. Oleh karena itu pendidikan karakter memegang peranan yang sangat penting yang akan mewarnai perkembangan pribadi secara keseluruhan. Pendidikan karakter harus dimiliki oleh setiap peserta didik untuk menjadi belak saat ini dan nanti setelah lulus agar dapat melindungi diri sendiri dari perkembangan zaman yang semakin moderen. Lembaga pendidikan mempunyai program-program tersendiri untuk peserta didiknya, salah satunya program pendidikan karakter dalam kegiatan pembiasaan rutinitas ibadah. Tujuan peneliti melakukan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana cara menanamkan nilai karakter pada peserta didik dalam kegiatan pembiasaan rutinitas ibadah pada masa pandemi Covid-19 di MI Maarif NU Karangnangka. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research yang bersifat kualitatif dekskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di MI Maarif NU Karangnangka dapat dilakukan melalui kegiatan pembiasaan rutinitas ibadah. Pelaksanaan melalui kegiatan rutinitas ibadah ini meliputi berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, salat lima waktu, salat sunnah dhuha, dan tahfidul quran juz 30. Dalam kegiatan tersebut nilai karakter yang dikuatkan ialah karakter disiplin, religius, tanggung jawab, jujur dan kerja keras serta lainya. Strategi yang digunakan meliputi: keteladanan, pembiasaan, integrasi dan internalisasi, dan menciptakan lingkungan yang kondusif. Kata kunci : Implementasi, Pendidikan Karakter, Masa Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Masa Pandemi Covid-19
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Susi Susi
Date Deposited: 12 Aug 2021 07:35
Last Modified: 12 Aug 2021 07:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10772

Actions (login required)

View Item View Item