PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMAHAMAN BERHITUNG DIMASA PANDEMI KELAS 2 SD NEGERI 1 PABUWARAN

Nabila Aulia, Chaerunnisa (2021) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMAHAMAN BERHITUNG DIMASA PANDEMI KELAS 2 SD NEGERI 1 PABUWARAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NABILA AULIA CHAERUNNISA_PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMAHAMAN BERHITUNG DI MASA PANDEMI KELAS 2 SD NEGERI 1 PABUWARAN.docx.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 telah berdampak pada berbagai bidang, tanpa terkecuali bidang pendidikan. Situasi ini menyebabkan berubahnya pembelajaran yang biasanya di laksanakan dengan tatap muka di ruang kelas menjadi dilaksanakan di rumah, yaitu pembelajaran daring. Pembelajaran daring menjadi sorotan bagi banyak kalangan, karena dalam pembelajaran ini banyak sekali masalah-masalah yang di hadapi oleh sekolah, guru, siswa dan orangtua siswa. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu 1) Apa saja problematika pembelajaran daring dalam pemahaman berhitung ?; 2) Bagaimana cara guru dalam menghadapi problematika pembelajaran daring dalam pemahaman berhitung ? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis apa saja problematika pembelajaran daring dalam pemahaman berhitung di masa pandemi kelas 2 di SD Negeri 1 Pabuwaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjeknya yaitu guru kelas 2, siswa kelas 2, dan orang tua kelas 2. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran daring dalam pemahaman berhitung dapat dilihat dari beberapa sisi yaitu, guru, siswa, orang tua, sarana prasarana, lingkungan keluarga dan motivasi. Selain itu, pembelajaran matematika khususnya berhitung menjadi kesulitan dan tantangan tersendiri di masa pembelajaran daring. Upaya yang di lakukan guru dalam mengatasi masalah pemahaman berhitung siswa yaitu guru meningkatkan pemahaman anak dengan memberikan video pembelajaran yang menarik bagi anak, memberikan soal-soal kepada siswa guna mengasah kemampuan anak. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Pemahaman Berhitung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Pemahaman Berhitung
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nabila Aulia Chaerunnisa
Date Deposited: 09 Aug 2021 22:30
Last Modified: 09 Aug 2021 22:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10692

Actions (login required)

View Item View Item