METODE PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH PANEMBANGAN KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Mutingah, 1123310031 (2016) METODE PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH PANEMBANGAN KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (709kB) | Preview
[img] Text
MUTINGAH_METODE PEMBELAJARAN IPA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metode pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah suatu cara yang efektif dan efisien untuk menyampaikan pembelajaran kepada peserta didik dalam menyiapkan peserta didik untuk menanamkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai ilmiah pada siswa serta rasa mencintai dan menghargai kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Fokus dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Penerapan Metode Pembelajaran IPA di kelas V MI Muhammadiyah Panembangan Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016?” Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulkan data: (1) Metode Observasi, untuk memperoleh gambaran tentang penerapan metode pembelajaran IPA, (2) Metode Wawancara, untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan penerapan metode pembelajaran IPA, (3) Metode Dokumentasi, untuk mengumpulkan data gambaran umum MI, RPP, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran IPA. Analisis data adalah analisis kualitatif dengan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Penerapan metode pembelajaran IPA yang dilaksanakan kelas V di MI Muhammadiyah sudah berlangsung dengan baik. Beberapa metode yang biasa digunakan antara lain metode ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan, karya wisata, dan eksperimen. Metode ceramah dilakukan pada awal kegiatan pembelajaran sebagai pengantar dari guru untuk menggunakan metode pembelajaran lainnya. Metode penugasan dan diskusi digunakan agar siswa menemukan informasi dan pengetahun yang luas dengan cara mencari atau berdiskusi tentang materi yang sedang dipelajari. Metode karyawisata dilakukan untuk lebih menguatkan dan memberikan pengalaman secara lebih nyata pada materi yang dipelajari di kelas. Sedangkan eksperimen siswa diharapkan dapat mencari pengetahuan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari sehingga siswa bukan hanya sekedar menghafal teori. Dalam menggunakan metode pembelajaran, guru sudah mampu membuat perencanaan, menerapkan dan melaksanakan evaluasi dengan baik. Penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dan disesuaikan antara materi, alokasi waktu, dan tujuan pembelajaran menjadikan pembelajran berlangsung dengan lancar dan mencapai hasil sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Kata Kunci : Metode pembelajaran, IPA, dan Madrasah Ibtidaiyyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 08 Sep 2016 02:03
Last Modified: 08 Sep 2016 02:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1058

Actions (login required)

View Item View Item