KREATIVITAS PENGGUNAAN INSTRUMEN ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK DALAM PEMBELAJARAN JATAK JAUH DI TK NEGERI PEMBINA PURBALINGGA DAN TK ISLAM TERPADU BINA PUTRA MULIA PURBALINGGA

Novi, Indrawati (2021) KREATIVITAS PENGGUNAAN INSTRUMEN ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK DALAM PEMBELAJARAN JATAK JAUH DI TK NEGERI PEMBINA PURBALINGGA DAN TK ISLAM TERPADU BINA PUTRA MULIA PURBALINGGA. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
TESIS_1717631003_NOVIINDRAWATI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran jarak jauh yang berlaku saat ini menuntut guru TK untuk dapat berkreasi dalam melakukan asesmen terhadap perkembangan anak didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam memilih instrumen asesmen perkembangan anak usia dini di TK Negeri Pembina Purbalingga dan TK Islam Terpadu Bina Putra Mulia dan menganalisis penggunaan instrumen asesmen perkembangan anak usia dini di kedua TK tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan data secara apa adanya. Objek dalam penelitian ini adalah kreativitas guru dalam memilih dan menggunakan instrumen asesmen perkembangan anak usia dini. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis model interaktif yang dikembangkan Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: jenis instrumen yang digunakan dalam melakukan asesmen perkembangan anak usia dini pada seluruh aspek perkembangan anak usia dini, yang meliputi aspek perkembangan nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni di TK Negeri Pembina Purbalingga adalah: lembar observasi, catatan anekdot, dan hasil karya, sedangkan di TK IT Bina Putra Mulia Purbalingga lebih bervariasi, yakni: lembar ceklist observasi, catatan anekdot, percakapan, penugasan, unjuk kerja, dan hasil karya. Kreativitas guru dalam penggunaan instrumen asesmen perkembangan anak usia dini pada seluruh aspek perkembangan anak di TK Negeri Pembina Purbalingga dan TK IT Bina Putra Mulia Purbalingga secara garis besar sama, yakni: melalui asesmen berbasis blended learning parsial yang menggabungkan kegiatan pengamatan terhadap aktivitas siswa secara langsung dan tidak langsung melalui pengamatan orang tua atau melalui pengamatan terhadap rekaman, video atau foto yang dikirimkan kepada guru. Ada beberapa kendala yang dihadapi dalam melakukan asesmen dalam pembelajaran jarak jauh ini, di antaranya adalah unsur objektivitas menjadi kurang maksimal, sebab guru tidak bisa mengamati secara langsung seluruh aktivitas anak didik. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Penggunaan Instrumen Asesmen Perkembangan Anak

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Penggunaan Instrumen Asesmen Perkembangan Anak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Novi Indrawati sdri
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:16
Last Modified: 02 Aug 2021 02:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10521

Actions (login required)

View Item View Item