NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU BERGURU KE SANG KIAI; PEMIKIRAN PENDIDIKAN K.H. M. HASYIM ASY'ARI KARYA MUKANI

Irna, Rumiati (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU BERGURU KE SANG KIAI; PEMIKIRAN PENDIDIKAN K.H. M. HASYIM ASY'ARI KARYA MUKANI. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
IRNA RUMIATI_Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Berguru ke Sang Kiai; Pemikiran Pendidikan K.H. M. Hasyim Asy'ari Karya Mukani.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan salah satu upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia dalam menghadapi zaman yang terus berkembang. Namun, di sisi lain banyak kita rasakan berbagai ketimpangan dari hasil pendidikan yang dapat kita lihat dari perilaku lulusan pendidikan formal saat ini. Keadaan yang memprihatinkan ini sama sekali tidak mencerminkan remaja Indonesia yang terdidik. Sebenarnya, pendidikan karakter tidak hanya dapat dilakukan melalui sekolah sebagai lembaga pendidikan formal saja, akan tetapi dapat juga dilakukan melalui lembaga pendidikan non formal. Seperti buku Berguru ke Sang Kiai; Pemikiran Pendidikan KH. M. Hasyim Asy’ari yang mengupas tuntas mengenai pemikiran pendidikan menurut KH. M. Hasyim Asy’ari. Salah satu buku yang dapat memberikan pelajaran dan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui isi buku tersebut. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku Berguru ke Sang Kiai; Pemikiran Pendidikan KH. M. Hasyim Asy’ari dan sebagai penambah khazanah keilmuan tentang nilai-nilai pendidikan karakter. Buku ini ditulis oleh Mukani. Buku Berguru ke Sang Kiai merupakan salah satu hasil karya beliau sebagai sebuah pengakuan kecintaannya terhadap KH. M. Hasyim Asy’ari yang merupakan salah satu tokoh pembaharu pendidikan Islam. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian library researh, yaitu penelitian kepustakaan dengan mengambil objek buku Berguru ke Sang Kiai. Pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi dan studi pustaka dengan memaparkan gambaran tertentu yang diteliti dalam bentuk uraian naratif. Sedangkan analisis data dilakukan dengan secara deskriptif dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Dalam hal ini penulis mengkaji tentang nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku Berguru ke Sang Kiai; Pemikiran Pendidikan KH. M. Hasyim Asy’ari karya Mukani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan dalam buku Berguru ke Sang Kiai; Pemikiran Pendidikan KH. M. Hasyim Asy’ari terdapat pada masing-masing bagian pada buku tersebut. Adapun nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku tersebut antara lain: religius, kerja keras, rasa ingin tahu, tekun, kreatif, jujur, tanggung jawab, gemar membaca, cinta damai, demokratis, peduli sosial, bersahabat/komunikatif, menghargai prestasi, peduli lingkungan, semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Semua karakter tersebut dikemas dalam ruang lingkup pendidikan karakter yang terdiri dari nilai karakter dalam hubungannya dengan Allah Swt, dengan diri sendiri, dengan sesama, dengan lingkungan, serta nilai karakter dalam hubungannya dengan kebangsaan. Tujuan pendidikan karakter dalam buku Berguru ke Sang Kiai; Pemikiran Pendidikan KH. M. Hasyim Asy’ari yang ditemukan oleh peneliti berdasarkan penjelasan Mukani mengenai orientasi pendidikan dalam buku tersebut. Tujuan pendidikan karakter yang berhasil peneliti temukan dalam buku Berguru ke Sang Kiai; Pemikiran Pendidikan KH. M. Hasyim Asy’ari adalah terbentuknya karakter yang baik (good character) serta pemahaman terhadap pengetahuan (knowledge) secara baik dan sempurna terhadap ajaran-ajaran Islam serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari secara konsisten. Peserta didik dapat mencapai kedewasaannya dengan membersihkan diri dari kebodohan serta berpegang teguh pada akhlak Nabi Muhammad Saw.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, Berguru ke Sang Kiai; Pemikiran Pendidikan KH. M. Hasyim Asy’ari
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Irna Rumiati sdr
Date Deposited: 30 Jul 2021 04:14
Last Modified: 30 Jul 2021 04:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10489

Actions (login required)

View Item View Item