Keterampilan Menulis Narasi Dengan Media Film di MI Ma’arif NU Banjarsari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas.

Sri, Muliah (2021) Keterampilan Menulis Narasi Dengan Media Film di MI Ma’arif NU Banjarsari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Tesis Sri Muliah NIM 191763010.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada Proses Pembelajaran adanya media di dalam kelas akan berpengaruh pada pembelajaran siswa dan dengan adanya media pembelajaran yang sesuai bisa mendukung kegiatan pembelajaran tersebut. Motivasi dan latihan sangat diperlukan mengingat masih rendahnya semangat siswa dalam hal ketrampilan menulis narasi pada siswa. Pemilihan media yang tepat sangat diperlukan karena akan sangat membantu guru dalam memberikan motivasi siswa agar lebih tertarik dengan ketrampilan menulis narasi. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan : 1. Mendeskripsikan pemanfaatan media film dalam mengembangkan ketrampilan Menulis Narasi siswa kelas atas MI Ma’arif NU Banjarsari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. 2. Untuk mengetahui proses pembelajaran menulis narasi dengan menggunakan media Film di MI Ma’arif NU Banjarsari Kecamatan Ajibarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif, dengan metode analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yakni kepala sekolah dan guru kelas dan siswa kelas IV, V, VI. Adapun objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis narasi dengan media film di MI Ma’arif NU Banjarsari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian dikemukakan sebagai berikut: hasil penelitian ketrampilan mennulis narasi dengan media film di MI Ma’arif NU Banjatsari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Adanya pengembangan pembelajaran keterampilan menulis narasi bahasa Indonesia yang meliputi kegiatan siswa, keterampilan guru, dan keterampilan menulis narasi siswa dengan proses pembelajaran yang inovatif akan menciptakan atmosfer kelas yang tidak terpenjara pada susana yang kaku dan monoton. Menggunakan beberapa media film yang diseuaikan dengan materi pembelajaran di MI Ma’arif NU Banjarsari. Penggunan teori belajar kognitif dan media film dilaksanakan dalam pembelajaran penulisan narasi. dapat dikatakan memperoleh hasil yang baik terlihat dari kemampuan siswa dapat membuat tulisan yang benar tanpa pengawasan dan tanpa media yang berarti secara automatisasi, menerapkan ke dalam pembelajaran Selain itu, implikasi yang didapat dari penelitian ini ada tiga hal, yaitu implikasi teoritis, implikasi praktis, dan implikasi kognitif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ketrmpilan Menulis Narasi Narasi Media Film
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.79 Seni Drama, Sinetron, Film
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SRI MULIAH sdr
Date Deposited: 26 Jul 2021 03:47
Last Modified: 26 Jul 2021 03:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10389

Actions (login required)

View Item View Item