KONSEP GENDER DALAM PENDIDIKAN ISLAM (STUDI ANALISIS NOVEL AKU LUPA BAHWA AKU PEREMPUAN KARYA IHSAN ABDUL QUDDUS)

Richa, Dwianti (2021) KONSEP GENDER DALAM PENDIDIKAN ISLAM (STUDI ANALISIS NOVEL AKU LUPA BAHWA AKU PEREMPUAN KARYA IHSAN ABDUL QUDDUS). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
RICHA DWIANTI_1717402212_KONSEP GENDER DALAM PENDIDIKAN ISLAM (STUDI ANALISIS NOVEL AKU LUPA BAHWA AKU PEREMPUAN KARYA IHSAN ABDUL QIDDUS).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian yang membahas tentang bagaimana konsep gender dalam pendidikan Islam pada Novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan Karya Ihsan Abdul Quddus yaitu dengan mendeskripsikan konsep gender pada novel melalui pendekatan kritik sastra feminis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan atau library research yang menjadikan bahan-bahan pustaka sebagai sumber data utama. Bahan-bahan pustaka yang dijadikan sumber data utama yaitu terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer didapatkan langsung dari novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan Karya Ihsan Abdul Quddus. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari buku-buku, artikel maupun karya ilmiah yang relevan dan mendukung data-data dari sumber primer. Sedangkan dalam proses menganalisis data, penelitian ini menggunakan teknik analisis gender dan analisis isi. Analisis gender digunakan sebagai teori untuk memberi makna, konsepsi, asumsi, ideologi, dan praktik hubungan baru antara laki-laki dan perempuan dalam novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan. Dan analisis isi digunakan untuk mengupas isi teks secara objektif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep gender yang diperlihatkan dalam novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan sebagaimana konsep gender dalam pendidikan Islam meliputi dua hal yaitu adanya kesempatan bagi perempuan untuk berpendidikan hingga ke tingkat yang lebih tinggi. Hal ini tentu memberikan keterangan adanya keseimbangan dalam memperoleh ilmu pengetahuan antara laki-laki dan perempuan. Sedangkan yang kedua, yaitu adanya pemberian kesempatan bagi perempuan untuk terlibat dalam urusan publik. Pemberian kesempatan ini tentu dimanfaatkan oleh perempuan untuk keluar dari dominasi laki-laki terhadap perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Gender, Pendidikan Islam, Novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.4 Kedudukan Wanita dalam Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Richa Dwianti
Date Deposited: 16 Jun 2021 06:41
Last Modified: 16 Jun 2021 06:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10203

Actions (login required)

View Item View Item