TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP RESTRUKTURISASI PEMBIAYAAN BERMASALAH BERDASARKAN FATWA DSN NO. 49/DSN-MUI/II/2005 TENTANG KONVERSI AKAD MURA>BAH}AH

Viany, Rahmawati (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP RESTRUKTURISASI PEMBIAYAAN BERMASALAH BERDASARKAN FATWA DSN NO. 49/DSN-MUI/II/2005 TENTANG KONVERSI AKAD MURA>BAH}AH. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
VIANY RAHMAWATI_TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dilatarbelakangi adanya perbedaan konsep dalam penyelesaian pembiayaan bermasalah antara di fatwa DSN No. 49/DSN-MUI/II/2005 tentang konversi akad mura>bah}ah dengan yang ada di fikih seperti dalam kitab al-Fiqh al-Islami wa Adilatuhu karya Wahbah al-Zuh}ayli>, dan beberapa kitab fikih lainnya. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan mengkaji bagaimana analisis konversi akad mura>bah}ah dalam fatwa DSN No. 49/DSN-MUI/II/2005. 2) Untuk menganalisis bagaimana fatwa DSN No. 49/DSN-MUI/II/2005 tentang konversi akad mura>bah}ah ditinjau dari hukum Islam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap restrukturisasi pembiayaan bermasalah berdasarkan fatwa DSN No. 49/DSN-MUI/II/2005 tentang konversi akad mura>bah}ah. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian pustaka (library research) yaitu suatu bentuk penelitian yang sumber datanya diperoleh dari kepustakaan. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu fatwa DSN No. 49/DSN-MUI/II/2005 tentang konversi akad mura>bah}ah, dan data sekunder diambil dari kitab al-Fiqh al-Islami wa Adilatuhu karya Wahbah al-Zuh}ayli>, buku-buku fikih muamalah dan dokumen yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan content analysis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perspektif hukum Islam, penyelesaian pembiayaan bermasalah berdasarkan fatwa Dewan Syariah Nasional No. 49/SSN-MUI/II/2005 tentang konversi akad mura>bah}ah dan beberapa pendapat fikih tidak bertentangan, didalamnya membahas mengenai bab tafli>s (pailit) dan s}ulh} (perdamaian). Pada prinsipnya menggabungkan dua kajian fikih tersebut, dimana dalam penyelesaiannya jika terjadi pembiayaan bermasalah adalah pertama aset/ objek akad tersebut dijual dan dibeli oleh pihak bank/ lembaga keuangan syariah dengan harga pasar kemudian LKS tersebut menjualnya kembali kepada nasabah dengan menggunakan akad baru. Kemudian nasabah melunasi sisa hutangnya kepada lembaga keuangan syariah dari hasil penjualan objek akad berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Restrukturisasi, Konversi Akad Mura>bah}ah, Tafli>s, S}ulh}.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah)
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: VIANY RAHMAWATI sdr
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:49
Last Modified: 11 Jun 2021 02:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10157

Actions (login required)

View Item View Item