PANDANGAN TOKOH MASYARAKAT DESA SOKARAJA TENGAH KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TERHADAP TAUKIL WALI DALAM PERNIKAHAN

Muhammad Najmi, Fadhil (2021) PANDANGAN TOKOH MASYARAKAT DESA SOKARAJA TENGAH KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TERHADAP TAUKIL WALI DALAM PERNIKAHAN. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD NAJMI FADHIL_PANDANGAN TOKOH MASYARAKAT DESA SOKARAJA.pdf

Download (859kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pandangan para tokoh masyarakat yang ada di desa Sokara Tengah Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas mengenai tauki>l wali dalam pernikahan. Wali nikah merupakan rukun yang harus terpenuhi demi sahnya suatu pernikahan. Melihat urutan posisi wali sudah ditentukan dalam fikih, namun demikian masih ada sebagian masyarakat yang tidak memanfaatkan hak kewaliannya secara maksimal dalam akad nikah. Adapaun pemabasahan dalam skripsi ini adalah mengenai penerapan di KUA Kecamatan Sokaraja dan pandangan tokoh masyarakat desa Sokaraja Tengah mengenai tauki>l wali. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan yuridis sosiologis karena dalam hal ini peneliti mengamati praktik tauki>l wali dalam pernikahan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis yang digunakan, reduksi data, penyajian, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah, bahwa praktik tauki>l wali berdasarkan KUA Kecamatan Sokaraja ada dua macam yaitu tauki>l wali bil kitabah dilakukan apabila walinya jauh dan bentuk penyerahannya secara tertulis dan tauki>l wali secara lisan dilakukan dengan cara spontanitas pada saat menjelang akad nikah oleh para wali. Pihak KUA Kecamatan Sokaraja juga memberikan edukasi kepada para wali agar mereka tetap mau menjadi wali nikah bagi anak perempuannya sendiri. Adapaun mengenai hukum tauki>l wali menurut tokoh masyarakat desa Sokaraja Tengah yaitu boleh. Akan tetapi mereka memiliki perbedaan pandangan terhadap praktik tauki>l wali ini dari yang menganggap hal itu sudah biasa dilakukan bahkan ada yang sangat antusias dengan praktik tauki>l wali dan sampai ada yang kurang setuju dengan praktik tauki>l wali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Taukil wali pernikahan
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.31 Nikah (Nasab, RUkun, Akad, Maskawin, Mut'ah dll)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: M. NAJMI FADHIL sdr
Date Deposited: 08 Jun 2021 07:27
Last Modified: 08 Jun 2021 07:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10139

Actions (login required)

View Item View Item