KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK HKTI 2 PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA

ANISATUN, SANGADAH (2021) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK HKTI 2 PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Anisatun Sangadah-Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di SMK HKTI 2 Purwareja Klampok Banjarnegara.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ketertarikan penulis terhadap pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK HKTI 2 Purwareja Klampok dengan keadaan siswa dalam jumlah cukup banyak dan tentu saja berpengaruh pada jam pelajaran yang semakin banyak pula. Sementara guru di dalam menjalankan tugasnya selalu dituntut untuk kreatif, inovatif dan dapat mengikutsertakan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran. Hal tersebut ada kaitannya dengan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru ketika berlangsungnya proses pembelajaran, terutama guru Pendidikan Agama Islam. Oleh sebab itu peneliti tertarik melakukan penelitian di SMK HKTI 2 Purwareja Klampok dengan topik permasalahan bagaimana kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di SMK HKTI Purwareja Klampok. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang penulis lakukan di SMK HKTI 2 Purwareja Klampok, Banjarnegara. Subjek pada penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik/siswa sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: Kompetensi guru pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK HKTI 2 Purwareja Kampok dikelompokkan menjadi : kompetensi inti yang pertama yaitu guru sudah menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Kompetensi inti yang kedua yaitu guru sudah menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. Kompetensi inti yang ketiga yaitu guru sudah mampu mengembangkan materi pelajaran yang diampu secara kreatif. Kompetensi yang keempat yaitu guru sudah mampu mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif dan kompetensi inti yang kelima yaitu guru sudah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Guru, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Guru, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anisatun Sangadah sdr
Date Deposited: 27 Feb 2021 23:27
Last Modified: 27 Feb 2021 23:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9995

Actions (login required)

View Item View Item