STRATEGI DAKWAH KOMUNITAS ONE DAY ONE JUZ (ODOJ) DI CILACAP

Fitrotul Arisma Aulia, 1223102028 (2016) STRATEGI DAKWAH KOMUNITAS ONE DAY ONE JUZ (ODOJ) DI CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mendiskripsikan tentang strategi dakwah komunitas One Day One Juz (ODOJ) di Cilacap, dalam membangun generasi Qur’ani serta meningkatkan kedisiplinan pribadi dalam menghatamkan Al-Qur’an setiap bulan juga mempererat tali silaturrahim di kalangan umat Islam, dan bisamemupuk rasa cinta terhadap Al-Qur’an dengan cara membaca dan mentadabburinya. Di negara Indonesia yang mayoritas adalah penduduknya beragama Islam tapi tradisi khataman hanya terjadi pada bulan Ramadhan saja dan para odojer harus mampu mempertahankan suatu keistiqamahan di tengah kesibukan dalam aktivitas kesehariannya. Karena hal inilah hadirnya komunitas One Day One Juz (ODOJ) di tengah-tengah masyarakat untuk merubah tradisi mengkhatamkan Al-Qur’an hanya pada saat bulan Ramadhan saja tapi menghatamkan Al-Qur’an bisa setiap bulan, komunitas One Day One Juz (ODOJ) telah membuat strategi dalam hal tersebut. Fokus penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana strategi dakwah komunitas One Day One Juz (ODOJ) di Cilacap. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Metode yang penulis gunakan ada dua, yaitu metode pengumpulan data dan metode analisis data. Dalam pengumpulan data, penulis memperoleh data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dalam analisis data menggunakana teori Fadil Ibnu Ahmad dan Samsul Munir Amin. Dalam skripsi ini penulis melakukan penelitian di Cilacap karena di karsidenan Banyumas hanya ada dua komunitas One Day One Juz (ODOJ) yaitu di Purwokerto dan di Cilacap, dari hasil penelitian penulis mengambil penelitian skripsi di Cilacap, karena komunitas One Day One Juz (ODOJ) di Cilacap mempunyai keunikan tersendiri dalam membangun generasi Qur’ani, mempunyai nama-nama program yang unik dan anggota komunitas One Day One Juz (ODOJ) di Cilacap juga sangat aktif. Penelitian ini menunjukan bahwa strategi dakwah yang di lakukan oleh komunitas One Day One Juz (ODOJ) di Cilacap terbagi menjadi dua program yaitu online dan offline, media online adalah kegitan yang terhubung dengan internet atau dunia maya, dalam media online media yang utama untuk melaporkan tilawah yaitu Whatsapp dan facebook sebagai media penyebaran informasi tentang kegiatan dan penyampaiannasihat-nasihat yang baik.Sedangkan media offlineadalah kegiatan yang tidak terhubung dengan internet, lebih tepatnya tidak terkoneksi atau kegiatan yang bertemu secara langsung, dan dalam kegiatan yang menggunakan media offline itu mempunyai 12 program kerja yang ada di komunitas One Day One Juz (ODOJ) di Cilacap tujuan media offline untuk mentadabburi Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi dakwah, komunitas One Day One Juz (ODOJ) di Cilacap
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 05 Sep 2016 07:08
Last Modified: 05 Sep 2016 07:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/999

Actions (login required)

View Item View Item