Fetri, Khasanah (2021) EVALUASI PEMBELAJARAN DI KELAS INKLUSI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
Fetri Khasanah_Evaluasi Pembelajaran di Kelas Inklusi SDIT Harapan Bunda Purwokerto.pdf Download (967kB) | Preview |
Abstract
ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ADALAH ANAK-ANAK YANG SECARA FISIK ATAU NON FISIK MEMILIKI KEKURANGAN DAN KETERBATAS. SEDANGKAN PENDIDIKAN INKLUSI ADALAH SISTEM PENDIDIKAN YANG HADIR BAGI ABK AGAR DAPAT BELAJAR BERSAMA-SAMA DENGAN PESERTA DIDIK UMUM DALAM SATU SEKOLAH YANG SAMA DAN MEMPEROLEH LAYANAN PENDIDIKAN YANG SAMA PULA TANPA ADA DISKRIMINASI. NAMUN, DENGAN KONDISI ABK YANG BERBEDA-BEDA DILIHAT DARI SEGI KOGNITIF, KEMAMPUAN DAN PERKEMBANGANNYA MEMBUAT BENTUK DAN METODE EVALUASI YANG DIBUTUHKAN BERBEDA ANTAR SATU PESERTA DIDIK DENGAN LAINNYA. KONDISI INI JUGA MENUNTUT ADANYA KESADARAN DARI GURU UNTUK DAPAT MELAKUKAN BERBAGAI MODIFIKASI INOVATIF TERKAIT BENTUK DAN METODE EVALUASI PEMBELAJARAN UNTUK MENJAWAB PERMASALAHAN YANG ADA DI SEKOLAH INKLUSI. TUJUAN PENELITIAN INI ADALAH UNTUK MENDESKRIPSIKAN TENTANG EVALUASI PEMBELAJARAN APA SAJA YANG DIGUNAKAN OLEH GURU DI KELAS INKLUSI, BAGAIMANA IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN DI KELAS INKLUSI DAN APA SAJA FAKTOR PENGHAMBAT & FAKTOR PENDUKUNG PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN KELAS INKLUSI DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. JENIS PENELITIAN INI MERUPAKAN PENELITIAN LAPANGAN DENGAN MENGUNAKAN METODE OBSERVASI, WAWANCARA DAN DOKUMENTASI. UJI KEABSAHANN DATA MENGGUNAKAN METODE TRIANGULASI. DAN TEKNIK ANALISIS DATA PENELITIAN INI TERDIRI DARI 3 TAHAP, YAITU: REDUKSI DATA, PENYAJIAN DATA DAN PENARIKAN KESIMPULAN. SUBJEK PENELITIAN DARI PENELITIAN INI ADALAH PESERTA DIDIK DI KELAS INKLUSI III C M. THAMRIN YANG TERDAPAT SATU ABK DENGAN DISABILITAS SLOW LEANER DAN KELAS INKLUSI IV B IMAM BONJOL YANG TERDAPAT SATU ABK DENGAN DISABILITAS ADHD. HASIL PENELITIAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI KELAS INKLUSI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO MENUNJUKAN BAHWA: 1. EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TUJUAN, TEKNIK DAN INSTUMEN EVALUASI. 2. IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN DI KELAS INKLUSI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO MASIH PERLU PENYEMPURNAAN DALAM TAHAP KEAKURATAN DAN METODE UNTUK MEMPERKECIL HAMBATANNYA. WALAUPUN BEGITU, HASIL YANG DIPEROLEH DARI PROSES YANG DILAKUKAN TELAH MENDAPATKAN HASIL YANG BAIK. MACAM-MACAM EVALUASI PEMBELAJARANNYA, YAITU: PENILAIAN HARIAN, PENILAIAN TENGAH SEMESTER, PENILAIAN AKHIR SEMESTER. SEDANGKAN BAGI ABK: LAPORAN BULANAN, LAPORAN TAHUNAN DAN KURIKULUM DOMAIN. 3. FAKTOR PENGHAMBATNYA ADA YANG MUNCUL DARI PESERTA DIDIK, MATERI DAN GURU. KEMUDIAN UNTUK FAKTOR PENDUKUNGNYA ADALAH ADANYA SHARING, TEST MIR DAN OBSERVASI, UPGRADE KOMPETENSI GURU DAN DUKUNGAN ORANGTUA.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EVALUASI PEMBELAJARAN, KELAS INKLUSI |
Subjects: | 000 Generalities > 003 Systems 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | FETRI KHASANAH sdr |
Date Deposited: | 27 Feb 2021 23:15 |
Last Modified: | 27 Feb 2021 23:15 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9976 |
Actions (login required)
View Item |