Kurniati, Kurniati (2020) STRATEGI PEMBINAAN SUMBER DAYA GURU DALAM UPAYA PENGEMBANGAN MUTU TENAGA PENDIDIK DI MTS MAARIF NU 01 RIYADUSH SHOLIHIN PURWAREJA KALMPOK BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (420kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang rumusan masalah bagaimana strategi pembinaan sumber daya guru dalam upaya pengembangan mutu tenaga pendidik di MTs Ma’arif NU 01 Riyadush Sholihin Purwareja Klampok Banjarnegara? Melalui konsep manajemen sumber daya manusia, langkah-langkah pembinaan dalam melaksanakan macam-macam dan bentuk kegiatan pembinaan guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Adapun pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif yakni data hasil penelitian yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka tetapi ungkapan yang bersifat kualitatif yang didapat dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang mana peneliti langsung terjun di lokasi penelitian yaitu MTs Ma’arif NU 01 Riyadush Sholihin Purwareja Klampok Banjarnegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembinaan sumber daya guru dalam upaya pengembangan mutu tenaga pendidik di MTs Ma’arif NU 01 Riyadush Sholihin Purwareja Klampok Banjarnegara dimulai dari proses manajemen sumber daya manusia yang dilakukan dengan penentuan langkah-langkah pembinaan, menyusun strategi pembinaan sumber daya guru yang meliputi beberapa macam pembinaan. Macam-macam kegiatan pembinaan yang dilakukan di MTs Ma’arif NU 01 Riyadush Sholihin Purwareja Klampok Banjarnegara adalah pembinaan orientasi, pembinaan kecakapan, pembinaan pengembangan kepribadian, pembinaan kerja, serta pembinaan penyegaran. Fokus pembinaan dalam upaya pengembangan tenaga pendidik madrasah adalah pembinaan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial tenaga pendidik. Kata Kunci : Strategi Pembinaan, Upaya Pengembangan Mutu, Tenaga Pendidik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SDM sekolah, tenaga pengajar, manajemen tenaga pengajar, guru, pengembangan mutu guru |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Kurniati K |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 03:10 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 06:32 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9935 |
Actions (login required)
View Item |