IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS II MI FATHUL ULUMSIRAU KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS

Isma Choirina, Maulida (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS II MI FATHUL ULUMSIRAU KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ISMA CHOIRINA MAULIDA_IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS II.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode Make a match (membuat pasangan) merupakan metode pembelajaran dengan cara mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartu yang dipegang siswa. Metode ini cukup menyenangkan yang digunakan untuk mengulang materi ajar yang telah diberikan sebelumnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran tematik di kelas II MI Fathul Ulum Sirau Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran tematik di kelas II MI Fathul Ulum Sirau Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch). Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru kelas II, siswa kelas II dan kepala madrasah. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru telah mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran tematik di kelas II MI Fathul Ulum Sirau melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan juga evaluasi. Dalam penerapannya berdampak pada meningkatnya prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan siswa mampu memahami teori yang disampaikan guru dan tidak mudah lupa dalam mengingat materi pelajaran. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Make a Match, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Make a Match, Pembelajaran Tematik
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Isma Choirina Maulida sdr
Date Deposited: 26 Feb 2021 18:00
Last Modified: 26 Feb 2021 18:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9877

Actions (login required)

View Item View Item