STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 BANYUMAS

Mochamad, Fachrul Anam (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Mochamad Fachrul Anam_ STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS V MIN 3 BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mengajar merupakan suatu aktifitas yang kompleks yang mengintegrasikan secara utuh berbagai komponen kemampuan seperti tingkat pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai. Sistem pengajaran yang baik seharusnya dapat membantu siswa mengembangkan diri secara optimal dan mampu mencapai tujuan– tujuan belajarnya. Pada hakikatnya mengajar bukan sekedar menyampaikan materi pelajaran, tetapi juga proses mengatur lingkungan supaya siswa belajar. Makna mengajar yang demikian sering sering diistilahkan dengan pembelajaran. Ini mengisyaratkan bahwa dalam proses belajar mengajar siswa harus dijadikan sebagai pusat dari kegiatan. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu kehidupan peserta didik untuk menguasai kompetensi yang di harapkan. Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas, maka penulis dapat merumuskan masalah yaitu : “ Bagaimana dan Apa Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Fiqih kelas V Di MIN 3 Banyumas ?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran fiqih di MIN 3 Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research, dengan menggunakan pendekatan data kualitatif dan penelitian ini bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu Guru dan Kepala Madrasah di MI Negeri 3 Banyumas. Adapun objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran fiqih dikelas V. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Fiqih kelas V di MIN 3 Banyumas sudah berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang tertuang dalam teori tentang strategi pembelajaran aktif walaupun masih memerlukan penyempurnaan. Penyempurnaan yang dimaksud adalah terkait dengan persiapan dalam penggunaan strategi pembelajaran aktif, kadang guru tergesa–gesa menggunakan strategi tersebut, sedangkan siswa belum siap menerima strategi yang akan disajikan, semua itu karena keterbatasan waktu yang tersedia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif, Mata Pelajaran Fiqih.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mochamad Fachrul Anam sdr
Date Deposited: 26 Feb 2021 17:01
Last Modified: 26 Feb 2021 17:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9876

Actions (login required)

View Item View Item