PENGGUNAAN ALAT PERAGA KIT SAINS PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MI NEGERI KARANGSARI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

KHIKMATIAR JUANITA ABDILAH, NIM. 1123305125 (2016) PENGGUNAAN ALAT PERAGA KIT SAINS PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MI NEGERI KARANGSARI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text
KHIKMATIAR JUANITA ABDILAH_PENGGUNAAN ALAT PERAGA KIT SAINS PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN AL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan alat peraga pada pembelajaran IPA dapat membantu dalam memperjelas konsep dan pemahaman konsep IPA yang sedang dipelajari oleh siswa SD/MI pada saat pembelajaran berlangsung. Salah satu alat peraga yang biasa digunakan dalam pembelajaran IPA adalah alat peraga KIT Sains. Alat peraga KIT Sains dalam pembelajaran IPA berfungsi untuk memudahkan siswa dalam menangkap materi ajar agar paham dan jelas secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan alat peraga KIT Sains pada pembelajaran IPA di MI Negeri Karangsari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 alur kegiatan yang berlangsung bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah memahami deskripsi yang disajikan hasil akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunanaan alat peraga KIT Sains dalam pembelajaran IPA di MI Negeri Karangsari, diawali dengan membuat perencanaan pembelajaran. Kemudian dalam pelaksanaan pembelajaran, guru sering menerapkan pembelajaran kelompok, disesuaikan dengan alat peraga KIT Sains yang tersedia. Jika alat peraga KIT Sains hanya satu, maka pembelajaran dilakukan dengan demonstrasi guru atau demonstrasi beberapa siswa. Selain itu, tidak semua alat peraga KIT Sains yang ada digunakan seluruhnya, melainkan sesuai kebutuhan dalam percobaan pada materi pelajaran. Di akhir pembelajaran, siswa membereskan semua peralatan ke tempat semula agar rapi. Penggunaan alat peraga KIT Sains telah berjalan cukup baik dan efektif, sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia. Pembelajaran IPA sudah berorientasi pada student centered, dengan mengutamakan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, fungsi guru lebih banyak sebagai fasilitator dan motivator. Manfaat dari penggunaan alat peraga KIT Sains dalam pembelajaran IPA terlihat dari aktivitas dan motivasi belajar siswa yang meningkat. Peningkatan aktivitas pembelajaran siswa tersebut juga diiringi dengan peningkatan nilai hasil belajar siswa. Guru memberi kesan positif terhadap alat peraga KIT Sains, baik dari mudahnya mempersiapkan, maupun mudahnya mengaplikasikan karena ditunjang dengan petunjuk penggunaan berdasarkan pokok bahasannya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga KIT Sains, Pembelajaran IPA
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 05 Sep 2016 01:39
Last Modified: 05 Sep 2016 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/985

Actions (login required)

View Item View Item