UPAYA PENANGANAN ANAK AUTIS OLEH PENDIDIK DI KB CHALITA INTERNATIONAL PRESCHOOL SUMAMPIR KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS

Berliani, Aprilia Hanah (2021) UPAYA PENANGANAN ANAK AUTIS OLEH PENDIDIK DI KB CHALITA INTERNATIONAL PRESCHOOL SUMAMPIR KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BERLIANI APRILIA HANAH_Upaya Penanganan Anak Autis.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK KB Chalita International Preschool merupakan lembaga anak usia dini yang telah melaksanakan program penanganan terhadap anak autisme sejak berdirinya KB Chalita International Preschool yaitu pada tahun 2008. Program penanganan terhadap anak autisme meliputi berbagai terapi yaitu Terapi Perilaku, Terapi Bermain, Terapi Wicara. Terapi Okupasi, Terapi Sensori Intergasi,Terapi Sosial,Terapi Perkembangan,Terapi Visual,dan Terapi Biomedis. Yang bertujuan untuk menyembuhkan atau mengurangi ciri dan sifat dari anak autisme. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya penanganan anak autis oleh pendidik di KB Chalita International Preschool Sumampir Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field researc atau penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini penulis memilih Kepala Sekolah dan pendidik yang membimbing anak Autis tersebut. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah penangan anak autis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya penanganan anak autis oleh pendidik di KB Chalita International Preschool Sumampir Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas, penulis dapat menyimpulkan bahwa penanganan anak autis oleh pendidik dilakukan dengan berbagai terapi yaitu Terapi Perilaku, Terapi Bermain, Terapi Wicara. Terapi Okupasi, Terapi Sensori Intergasi,Terapi Sosial,Terapi Perkembangan,Terapi Visual,dan Terapi Biomedis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Penanganan,Anak Autis
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.346 Sekolah Luar Biasa (Difabel)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Berliani Aprilia Hanah sdr
Date Deposited: 25 Feb 2021 07:43
Last Modified: 25 Feb 2021 07:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9780

Actions (login required)

View Item View Item