ANALISIS EFEKTIVITAS PROMOSI DIGITAL TERHADAP PERTUMBUHAN NASABAH PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2016-2019

Mukhammad Aqil, Muzakki (2021) ANALISIS EFEKTIVITAS PROMOSI DIGITAL TERHADAP PERTUMBUHAN NASABAH PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2016-2019. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Mukhammad Aqil Muzakki - ANALISIS EFEKTIVITAS PROMOSI DIGITAL TERHADAP PERTUMBUHAN NASABAH PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2016-2019.pdf

Download (70MB) | Preview

Abstract

Perkembangan industri perbankan syariah di Indonesia dalam penyesuaian era industri 4.0 tidak lepas dari dunia digital. Peran dunia digital dalam perkembangan perbankan ini salah satunya adalah dalam hal promosi. Promosi tersebut dilakukan secara digital melalui jejaring sosial (internet) atau sering kita kenal dengan istilah digital marketing. Promosi digital dengan menggunakan media sosial banyak macamnya. Salah satunya adalah penggunaan media youtube. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka studi kasus yang dilakukan dengan mengamati channel yotube Perbankan Syariah di Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif historis-fenomenologis. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan model Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, kemudian menggambarkan/ memverifikasi data untuk ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, rasio penerapan promosi digital pada channel youtube dilihat dari jumlah channel yang dimiliki bank dibandingkan dengan jumlah bank adalah 85,71% (BUS), 65% (UUS, 5% channel pribadi UUS), 18,90% (BPRS). Rasio penerapan berdasarkan jumlah video produk dengan jumlah total video pada BUS (18,46%), UUS (7,51%), dan BPRS (18,26%.). Penggunaan promosi dengan media digital dapat menghemat anggaran biaya promosi secara keseluruhan pada beban operasional perusahaan. Penggunaan media youtube terbilang efektif pada BUS dan UUS dengan rasio penerapan berdasarkan viewer dengan jumlah rekening bank sebesar 30,24% (BUS), 37,02% (UUS), sedangkan untuk BPRS belum efektif dilihat dari rasio yang masih rendah yakni 3,21%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Promosi Digital, Youtube, Perbankan Syariah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Pascasarjana > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Ayuk Kusumaningrum
Date Deposited: 25 Feb 2021 01:56
Last Modified: 25 Feb 2021 01:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9745

Actions (login required)

View Item View Item