IMPLIKASI COVID 19 TERHADAP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PEMBIAYAAN MITRAGUNA DI KCP MANDIRI SYARIAH AJIBARANG

Muhammad, Agma (2021) IMPLIKASI COVID 19 TERHADAP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PEMBIAYAAN MITRAGUNA DI KCP MANDIRI SYARIAH AJIBARANG. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUHAMMAD AGMA MAULANA_IMPLIKASI COVID 19 TERHADAP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PEMBIAYAAN MITRAGUNA DI KCP MANDIRI SYARIAH AJIBARANG.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Untuk meningkatkan daya tarik, kualitas layanan tetap menjadi suatu hal yang sangat penting dan perlu perhatian baik dari bank dalam menghadapi pelanggan yang membutuhkan pelayanan yang bermutu tinggi (level of excellence). Pelayanan yang bermutu tinggi berarti mampu memberikan kesesuaian terhadap kebutuhan pelanggan. pelanggan yang membutuhkan pelayanan yang bermutu tinggi akan menjadi perhatian ekstra bagi perusahaan perbankan, baik pelanggan kelas atas maupun menegah bahkan bawah. Hanya saja tingkat pelayanannya yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan tersebut. Dalam dunia perbankan saat ini, pelanggan tidak hanya sumber pendapatan mereka saja, namun ada suatu kegiatan pemeliharaan hubungan yang dibangun melalui Customer Relationship Management (selanjutnya akan disingkat dengan CRM) dengan tujuan untuk menjaga kepercayaan pelanggan. Pada saat pandemi Covid-19 proses Customer Relationship Management pada pembiayaan Mitraguna di KCP Mandiri Syariah Ajibarang terganggu karena berkurangnya intensitas bertemu nasabah secara langsung. Dalam penelitian ini mengandung pertanyaan apakah ada implikasi Customer Relationship Management pada pembiayaan Mitraguna. Untuk menjawab pertanyaan tersbeut, peneliti menggunakan teori Komponen Customer Relationship Management. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawacara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis di mana KCP Mandiri Syariah Ajibarang memang ada implikasi dari Covid-19 terhadap Customer Relationship Management pada pembiayan Mitraguna. Implikasi tersebut karena pihak KCP Bank Syariah Mandiri Ajibarang kesulitan menjalin hubungan efektif dengan nasabah. Tetapi, hal tesebut bisa sedikit diatasi dengan memperkuat komponen dari Customer Relationship Management yaitu Orang, Proses, dan Teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, Pembiayaan Mitraguna, Implikasi
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
600 Technology (Applied sciences) > 604 Special topics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Sdr Muhammad Agma Maulana
Date Deposited: 24 Feb 2021 08:02
Last Modified: 24 Feb 2021 08:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9719

Actions (login required)

View Item View Item