NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM TAARE ZAMEEN PAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Iklima, Nurul Falah (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM TAARE ZAMEEN PAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
skripsi IKLIMA NF.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter diharapkan mampu menjadi pondasi dalam membentuk generasi yang bermartabat dan berkualitas. Proses penanaman nilai-nilai pendidikan karakter tidak hanya diperoleh melalui pendidikan formal dan non-formal saja, namun bisa melalui media seperti film. Film sebagai media audiovisual dapat memberikan banyak pandangan terhadap penonton. Film Taare Zameen Par adalah film yang didalamnya menggambarkan bagaimana seorang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) terutama disleksia berusaha agar dirinya bisa membaca dan menulis dengan baik dan benar. Dalam film Taare Zameen Par juga banyak nilai pendidikan karakter yang berkaitan dengan Pendidikan Islam. Fokus masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang ada dalam Film Taare Zameen Par dan bagaimana relevansinya dengan pendidikan anak usia Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau (library research). Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer, yaitu film Taare Zameen Par, dan sumber data sekunder yang meliputi buku referensi, internet, maupun sumber lain yang relevan dan berkaitan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Kemudian data yang dianalisis oleh peneliti menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Terdapat nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Taare Zameen Par diantaranya adalah nilai religius, disiplin, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, peduli sosial, dan tanggungjawab. Sedangkan relevansinya dengan Pendidikan Islam anak usia Sekolah Dasar adalah bahwa pendidikan karakter dalam pandangan Pendidikan Islam sejatinya adalah internalisasi nilai-nilai adab ke dalam pribadi pelajar. Internalisasi ini merupakan proses pembangunan jiwa yang berasaskan konsep keimanan. Dalam penelitian ini, terlihat adanya kesamaan tujuan antara pendidikan karakter dengan Pendidikan Islam anak usia Sekolah Dasar. Pendidikan Islam ingin membentuk peserta didik usia Sekolah Dasar yang bermoral, berakhlak mulia, sehingga menjadi insan kamil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Karakter, Film Taare Zameen Par, Pendidikan Islam Anak Usia Sekolah Dasar
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.12 Akhlak berdasarkan aqli
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Iklima Nurul Falah
Date Deposited: 24 Feb 2021 04:19
Last Modified: 24 Feb 2021 04:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9689

Actions (login required)

View Item View Item