KECERDASAN KINESTETIK PADA SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BELA DIRI KARATE DI MI NEGERI 1 BANYUMAS

Ayusyah, Putri (2021) KECERDASAN KINESTETIK PADA SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BELA DIRI KARATE DI MI NEGERI 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
skripsi abstrak.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi word.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan teori kecerdasan majemuk yang dikemukakan oleh Howard Gardner, terdapat delapan jenis kecerdasan yang dimiliki manusia salah satunya yaitu kecerdasan kinestetik. Lwin menegaskan tentang pentingnya pengembangan kecerdasan kinestetik bagi individu khususnya siswa, yaitu kecerdasan kinestetik menjadikan siswa memiliki kemampuan psikomotor yang baik. Siswa membutuhkan wadah yang tepat untuk dapat menyalurkan energi gerak yang tinggi untuk dapat mengembangkan kecerdasan kinestetik yang dimilikinya. Salah satu wadah untuk dapat mengembangkan kecerdasan kinestetik siswa di sekolah yaitu dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler salah satunya yaitu ekstrakurikuler bela diri karate. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang kecerdasan kinestetik pada siswa melaui kegiatan ekstrakurikuler bela diri karate di MI Negeri 1 Banyumas. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu: penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun subjek penelitian ini yaitu kepala madrasah, guru pelatih dan guru pembina ekstrakurikuler karate, serta siswa yang mengikuti ekstrakurikuler karate. Objek penelitian dalam penelitian ini yaitu kecerdasan kinestetik pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler bela diri karate di MI Negeri 1 Banyumas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya penelitian dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif model Miles and Hubeerman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan kecerdasan kinestetik siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler bela diri karate di MI Negeri 1 Banyumas dilaksanakan dengan empat cara yaitu bergabung dengan ekstrakurikuler bela diri karate di MI Negeri 1 Banyumas, bergerak dan melibatkan aktifitas fisik, berlatih teknik bela diri karate serta memantau perkembangan kecerdasan kinestetik siswa. Untuk dapat bergabung dengan ekstrakurikuler karate, siswa bisa mendaftar melalui wali kelas di awal tahun pelajaran. Selama kegiatan ekstrakurikuler karate berlangsung selalu melibatkan aktifitas fisik siswa. Teknik bela diri karate yang diajaran bertahap dari teknik yang mudah hingga ke teknik yang lebih sulit. Dan untuk memantau perkembangan kinestetik siswa, pelatih dan pembina ekstrakurikuler karate mengamati siswa selama kegiatan latihan dan melihat keseharian siswa di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Kinestetik, Ekstrakurikuler, Karate
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Ayusyah Putri
Date Deposited: 24 Feb 2021 02:04
Last Modified: 24 Feb 2021 02:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9673

Actions (login required)

View Item View Item