OPTIMALISASI BAURAN PROMOSI GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN TIKET MASUK PERUSAHAAN DAERAH OWABONG PURBALINGGA DI MASA PANDEMIK COVID-19

Slamet, Akhmadi (2021) OPTIMALISASI BAURAN PROMOSI GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN TIKET MASUK PERUSAHAAN DAERAH OWABONG PURBALINGGA DI MASA PANDEMIK COVID-19. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
skripsi Alifah Tsalsabilla 1617201049.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bauran promosi memiliki peran penting pada penjualan setiap perusahaan, baik pada perusahaan barang maupun perusahaan jasa. Penilitian ini mengambil objek Perusahaan Daerah Owabong Purbalingga yang bertujuan untuk mengetahui optimalisasi yang dilakukan oleh Perusahaan Daerah Owabong dalam meningkatkan penjualan tiket masuknya. Penilitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research), penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif, pada penelitian ini peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Obsevasi yang dilakukan penyusun melalui observasi langsung untuk mendapatkan data-data yang diperlukan mengenai bauran promosi yang digunakan saat pandemik covid-19 pada Perusahaan Daerah Owabong, wawancara ini menggunakan wawancara mendalam agar mendapat hasil yang maksimal, dokumentasi diperoleh melalui pengambilan gambar dan sebagainya guna melengkapi data yang dibutuhkan. Sumber data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Perusahaan Daerah Owabong melaksanakan Pengoptimalisasian pada macam bauran promosi mulai dari penjualan personal dengan melakukan door to door pada instansi, promosi penjualan dengan memberikan kupon voucher potongan harga, hubungan masyarakat dengan membuat acara-acara yang menarik seperti acara gowes jelajah bumi Soedirman, dan periklanan dengan mencetak baliho, pamflet, maupun spanduk. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan-kegiatan bauran promosi yang dilakukan oleh Perusahaan Daerah Owabong sudah meningkatkan penjualan tiketnya dapat dilihat dari data jumlah pengunjung yang didapat. Bauran promosi yang dilakukan oleh Perusahaan Daerah Owabong Purbalingga sesuai dengan kajian ekonomi islam yang ada karena tidak mengandung unsur penipuan sesuai dengan syari’at islam. Kata Kunci: Bauran Promosi, Penjualan Tiket, Optimalisasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bauran Promosi, Penjualan Tiket, Optimalisasi
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Alifah Tsalsabilla Nur Tania
Date Deposited: 23 Feb 2021 09:56
Last Modified: 23 Feb 2021 09:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9649

Actions (login required)

View Item View Item