PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BACA TULIS AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 SELANEGARA KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA

ANGGIT FAJAR NUGROHO, NIM. 1223301095 (2016) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BACA TULIS AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 SELANEGARA KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ANGGIT FAJAR NUGROHO_PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BACA TULIS AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BEL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (689kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwasannya pendidikan membaca dan menulis Al-Qur‟an begitu penting diajarkan sejak dini, dan untuk bisa membaca Al-Qur‟an dengan tartil diperlukan belajar dan latihan serta kesabaran. Salah satu problem pelaksanaan pendidikan agama Islam adalah adanya peserta didik yang kurang, bahkan belum bisa membaca dan menulis Al-Qur‟an, hal itu menyebabkan adanya kesenjangan diantara peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur‟an terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 2 Selanegara. Penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan dilapangan. Jenisnya adalah penelitian kuantitatif karena data penelitiannya berupa angkaangka dan analisis menggunakan statistik. Obyek penelitiannya yaitu kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur‟an dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar PAI. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa SD Negeri 2 Selanegara sejumlah 179 siswa dan yang menjadi sampel dengan diambil 50% yaitu sebanyak 87 siswa yang terdiri dari kelas III, IV dan V secara utuh. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan rumus regresi linear. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur‟an terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 2 Selanegara Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Besar pengaruh tersebut dapat dilihat dari nilai R Square yang diperoleh yaitu 0,252. Artinya, pengaruh variabel X (kegiatan ekstrakurikuler BTA) terhadap variabel Y (prestasi belajar PAI) adalah sebesar 25,2%. Dari persamaan regresi juga diperlihatkan besarnya Y = 51,833 + 0,435 X yang mengandung pengertian bahwa, jika tidak ada kenaikan nilai dari variabel X atau X = 0, maka nilai variabel Y adalah 51,833. Koefisien regresi sebesar 0,435 menyatakan bahwa setiap penambahan (karena tanda +) satu nilai pada variabel X (kegiatan ekstrakurikuler BTA) akan memberikan kenaikan pada variabel Y (prestasi belajar PAI) sebesar 0,435. Serta berpengaruh secara signifikan karena nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05 (taraf nyata). maka “H0 Ditolak” dan “Ha Diterima”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Ekstrakurikuler BTA dan Prestasi Belajar PAI.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 01 Sep 2016 01:49
Last Modified: 01 Sep 2016 01:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/963

Actions (login required)

View Item View Item