IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN NAHWU DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH AL-MUJAHIDIN RAWALO BANYUMAS

Fentia, Nur Azizah (2021) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN NAHWU DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH AL-MUJAHIDIN RAWALO BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_ BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FENTIA NUR AZIZAH_IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN NAHWU DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH AL-MUJAHIDIN RAWALO BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Metode adalah hal yang sangat penting dalam sebuah proses pembelajaran. Tanpa penguasaan metode, maka pembelajaran dan tujuan yang ingin dicapai akan berjalan tidak seimbang, bahkan mengalami kegagalan. Di pondok pesantren, metode pembelajaran yang lazim digunakan sampai sekarang ini adalah metode sorogan. Metode sorogan adalah metode yang dilaksanakan dengan cara santri satu persatu mendatangi kyai yang akan membacakan beberapa baris kitab bahasa Arab dan mengartikannya ke dalam bahasa tertentu, kemudian santri mengulangi dan menerjemahkan seperti yang dilakukan kyai. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode sorogan dalam pembelajaran nahwu di pondok pesantren salafiyah Al-Mujahidin Rawalo Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan jenis penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pengampu metode sorogan dan santri kelas ibtida’ pondok pesantren Al-Mujahidin. Selain itu subjek pendukung dalam penelitian ini antara lain pengasuh serta pengurus pondok. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Implementasi Metode Sorogan dalam Pembelajaran Nahwu di pondok pesantren salafiyah Al-Mujahidin Rawalo Banyumas. Dalam menggali informasi yang diinginkan, penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang penulis gunakan adalah analisis data kualitatif dengan model Miles and Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode sorogan yang diterapkan di pondok pesantren salafiyah Al-Mujahidin Rawalo Banyumas sudah berjalan dengan baik dan pembelajarannya sesuai dengan teori yang ada. Adapun tujuan diterapkannya metode sorogan di pondok pesantren salafiyah Al-Mujahidin Rawalo Banyumas adalah agar terjalin hubungan yang harmonis antara ustadz dengan santrinya, agar ustadz dapat mengetahui kemampuan santrinya satu persatu, agar santri lebih aktif dalam pembelajaran dan agar santri lebih mudah memahami isi dan kandungan dari materi yang sedang di pelajarinya. Sedangkan tujuan diterapkannya metode sorogan dalam pembelajaran nahwu yaitu agar santri bisa membaca dan memaknai kitab gundul dengan baik dan benar. Sedikit penulis gambarkan mengenai tata cara pelaksanaannya yaitu santri maju kedepan menghadap ustadz dengan membawa kitab yang menjadi media dalam sorogan, selanjutnya santri membacakan dan menjelaskan materi sorogan, jika terdapat kesalahan maka akan langsung dibenarkan oleh ustadz yang mengajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Sorogan dan Pembelajaran Nahwu
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fentia Nur Azizah sdr
Date Deposited: 20 Feb 2021 18:16
Last Modified: 20 Feb 2021 18:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9570

Actions (login required)

View Item View Item