STRATEGI PEMBENTUKAN KETERBUKAAN DIRI SISWA DALAM BELAJAR DI HOMESCHOOLING PKBM ANSA PURWOKERTO

Isna, Ma'rifah Hanna (2021) STRATEGI PEMBENTUKAN KETERBUKAAN DIRI SISWA DALAM BELAJAR DI HOMESCHOOLING PKBM ANSA PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Abstrak_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISNA MA'RIFAH HANNA_STRATEGI PEMBENTUKAN KETERBUKAAN DIRI SISWA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Homeschooling merupakan model pendidikan alternatif yang menjadi salah satu pilihan orangtua dalam memberikan pendidikan pada anak-anaknya. Biasanya anak yang enggan masuk sekolah formal lebih memilih homeschooling, Homeschooling PKBM ANSA adalah salah satu homeschooling yang ada di Purwokerto. Pada awalnya siswa yang masuk di Homeschooling PKBM ANSA Purwokerto adalah siswa yang bermasalah di sekolah formal ataupun mogok sekolah, mulai dari korban broken home, bullying, anak punk dan lainnya. Karena merasa tertekan anak biasanya enggan untuk menceritakan permasalahan yang dihadapi baik kepada tutor/ guru maupun orangtua, namun di Homeschooling PKBM ANSA Purwokerto bisa membuat anak yang awalnya sangat tertutup menjadi terbuka dan mau menceritakan permasalahan yang dihadapi sehingga lebih mudah bagi orangtua dan tutor untuk memecahkan dan mencari solusi terhadap permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh tutor dalam membentuk sikap keterbukaan diri siswa dalam belajar. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini menggunakan 7 subjek penelitian dan 3 informan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisi dengan teknik deduktif dan induktif. Hasil penelitian bahwa strategi yang dilakukan tutor dalam membembentuk sikap keterbukaan siswa dalam belajar yaitu dengan mengobservasi anak terlebih dahulu mulai dari pendekatan yang dilakukan dengan cara mengajak ngobrol anak dengan pertanyaan langsung supaya anak merasa nyaman dengan lingkungan, selanjutnya menyamai karakter anak dan menjadi teman adalah cara supaya anak nyaman dengan tutor dan tentunya harus dilakukan terus menerus karena ketika tutor membuka dirinya pasti anak sedikit demi sedikit akan terbuka juga dengan begitu anak akan menganggap tutor sebagai teman. Faktor pendukung dari Strategi Pembentukan Keterbukaan Diri Siswa dalam Belajar juga sangat diperlukan seperti: disiplin, media, pendekatan dan tentunya kerjasama antara tutor dan orangtua karena ketika hanya satu pihak saja pasti strategi tersebut tidak dapat terlaksana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterbukaan Diri, Belajar, dan Homeschooling
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.345 Komunitas Belajar Lainnya
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sdri Isna Ma'rifah Hanna
Date Deposited: 18 Feb 2021 05:28
Last Modified: 18 Feb 2021 05:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9518

Actions (login required)

View Item View Item