Anita, Nur Afifah (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN PADA PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH PURWOKERTO UTARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
cover_Bab 1_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
Anita Nur Afifah_Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Pada Peserta Didik di SD Muhammadiyah Bancarkembar.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan alat untuk mendewasakan seseorang agar lebih baik kedepannya. Karakter sendiri merupakan suatu hal yang penting dan mendasar, sehingga dijadikan dasar dalam setiap mata pelajaran. Kemudian pendidikan karakter ialah suatu pendidikan yang mengajarkan tabiat, moral, tingkah laku maupun kepribadian. Yang diterapkan melalui metode pembiasaan yaitu melalui proses pengulangan dalam setiap harinya. Pembiasaan ini cocok untuk diterapkan pada anak usia dasar dalam hal kegiatan keagamaan. Hal tersebut diterapkan pada lembaga pendidikan mengingat pentingnya mengajarkan keagamaan sejak usia dasar. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan kegiatan keagamaan pada peserta didik di SD Muhammadiyah Purwokerto Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, peserta didik, dan orang tua wali peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan kegiatan keagamaan pada peserta didik di SD Muhammadiyah Purwokerto utara adalah melalui program-program kegiatan pengembangan diri yang terdiri kegiatan sejak pagi hari sebelum pembelajaran dimulai hingga akhir pembelajaran yaitu seperti kegiatan mengawali dengan senyum, sapa dan salam kepada guru, berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran, simakan Al-Qur’an dan Iqra’, hafalan juz 30 dan Do’a harian, sholat Duha dan Zuhur secara berjama’ah serta kegiatan pembiasaan rutin maupun spontan lainnya. Dalam kegiatan-kegiatan tersebut sangat dibutuhkan peran guru dalam hal meneladani, dan mengkondisikan siswa, serta adanya fasilitas-fasilitas yang memadai dalam pelaksanaan kegiatan pembiasaan keagamaan. Dari kegiatan pembiasaan keagamaan yang dilaksanakan secara rutin dan terus menerus terutama di sekolah, mampu mewujudkan kepribadian anak yang baik serta membentuk karakter mulia yang terlihat dari dampak psikologi yang dialami peserta didik, dengan munculnya nilai-nilai karakter dalam diri peserta didik seperti nilai karakter religius, mandiri, disiplin, dan karakter mulia lainnya yang muncul dalam diri peserta didik serta kesadaran untuk terbiasa melakukan kebiasaan kegiatan keagamaan yang diterapkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Karakter, Kegiatan Keagamaan |
Subjects: | 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdri Anita nur Afifah |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 05:25 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 05:25 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9514 |
Actions (login required)
View Item |