STRATEGI PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGEMBANGAN GERAI PUSAT PRODUK UKM/IKM PRATISTHA HARSA KABUPATEN BANYUMAS

Iffa, Tri Cahyani (2021) STRATEGI PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGEMBANGAN GERAI PUSAT PRODUK UKM/IKM PRATISTHA HARSA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IFFA TRI CAHYANI_STRATEGI PEMERINTAH DAERAH DALAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

UMKM merupakan salah satu sektor yang memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia, yakni sebagai pelaku utama kegiatan ekonomi, penyedia kesempatan kerja, dan penggerak ekonomi daerah serta masyarakat. Namun UMKM Indonesia saat ini masih menghadapi beberapa masalah seperti, kurangnya modal, kesulitan dalam pemasaran, kurangnya pengetahuan tentang manajemen dalam bisnis. Sesuai dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 bahwa Pemerintah berkewajiban dalam mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah salah satunya pemerintah berperan sebagai fasilitator. Seperti Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas memberikan fasilitas untuk para pelaku UMKM Banyumas dengan didirikannya Gerai Pusat Produk UKM/IKM Pratistha Harsa. Dalam penelitian ini, masalah yang diangkat adalah bagaimana strategi yang dilakukan Pemerintah Daerah dalam mengembangkan Gerai Pusat Produk UKM/IKM Pratistha Harsa. Tujuan kegiatan penelitian ini untuk mengetahui strategi Pemerintah Daerah dalam mengembangkan Gerai Pusat Produk UKM/IKM Pratistha Harsa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu analisis sebelum dilapangan dan analisis data dilapangan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat strategi pengembangan yang telah dilakukan, yaitu: 1) Pemasaran produk secara offline dan online, 2) Memperluas promosi pemasaran, 3) Membangun komunikasi internal yang lebih baik, 4) Meningkatkan pengawasan, persediaan, kondisi, dan penjualan produk. Strategi yang dilakukan berfokus pada empat variabel, yakni strategi pemasaran, promosi, komunikasi, dan pengawasan. Variabel tersebut dianalisis sebagai kegiatan dari manajemen pemasaran. berdasarkan manajemen pemasaran dalam perspektif Islam strategi yang telah dilakukan tidak melanggar syariat islam karena mampu mendayagunakan manfaat dari fasilitas yang telah didirikan. Kata Kunci: UMKM, Strategi Pengembangan, Pemerintah Daerah, Pratistha Harsa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Strategi Pengembangan, Pemerintah Daerah, Pratistha Harsa
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 370 Education > 379 Government regulation, control, support
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Iffa Tri Cahyani
Date Deposited: 17 Feb 2021 04:58
Last Modified: 17 Feb 2021 04:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9484

Actions (login required)

View Item View Item