PENGEMBANGAN KOMPETENSI BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI SENTRA BERMAIN PERAN DI PAUD SINAR MENTARI DUKUHWALUH KEMBARAN BANYUMAS

Umi, Rokhayatun (2020) PENGEMBANGAN KOMPETENSI BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI SENTRA BERMAIN PERAN DI PAUD SINAR MENTARI DUKUHWALUH KEMBARAN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Umi Rokhayatun_Pengembangan Kompetensi Bahasa Anak Usia Dini Melalui Sentra Bermain Peran Di Paud Sinar Mentari Dukuhwaluh Kembaran Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kompetensi bahasa anak usia dini melalui sentra bermain peran di PAUD Sinar Mentari Dukuhwaluh Kembaran Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan kompetensi bahasa anak usia dini melalui sentra bermain peran di PAUD Sinar Mentari Dukuhwaluh Kembaran Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumetansi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitin menunjukan bahwa pengembangan kompetensi bahasa anak usia dini melalui sentra bermain peran di PAUD Sinar Mentari Dukuhwaluh Kembaran Banyumas sudah berjalan dengan baik, dimulai dari guru melakukan perencanaan pembelajaran, penyusunan program semester, pengembangan rencana kegitan mingguan, pengembangan kegiatan harian. Guru melaksanakan sentra bermain peran sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, guru melakukan evaluasi setiap pembelajaran sentra, dan kemampuan kompetensi bahasa anak meningkat melalui pembelajaran sentra bermain peran dimulai dari anak mampu menjawab pertanyaan tentang peran yang dimainkannya, anak dapat menceritakan kembali kegiatan bermain peran yang dilakukan, anak dapat menyampaikan pendapatnya, anak mampu bertanya secara sederhana tentang dialog yang dilakukan, anak dapat menyampaikan keinginannya, anak dapat menyusun kata-kata ketika memainkan perannya, menanggapi sebuah pembicaraan, memberikan komentar, memberikan ekspresi, menulis sederhana, membaca tulisan sederhana, serta mampu diajak berkomunikasi dengan dua arah. Kata Kunci: Kompetensi Bahasa, Anak Usia Dini, Sentra Bermain Peran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Bahasa, Anak Usia Dini, Sentra Bermain Peran.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Umi Rokhayatun
Date Deposited: 16 Feb 2021 14:56
Last Modified: 16 Feb 2021 14:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9438

Actions (login required)

View Item View Item