PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV DI MI MA'ARIF 03 GENTASARI TAHUN AJARAN 2019/2020

Indah, Afi Dewi (2021) PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV DI MI MA'ARIF 03 GENTASARI TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Indah Afi Dewi_ Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas IV di MI Ma'arif 03 Gentasari Tahun Ajaran 2019-2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu aspek yang dapat dilakukan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran. Evaluasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penyelenggaraan pembelajaran secara keseluruhan. Melalui evaluasi akan diperoleh informasi berkaitan dengan kemampuan siswa dalam bidang tertentu. Dalam penelitian ini peneliti lebih menitik beratkan pada bidang kebahasaan yaitu bahasa Inggris karena bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat penting dalam dunia pendidikan formal. Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengetahui pelaksanan evaluasi mata pelajaran Bahasa Inggris kelas IV MI Ma’arif 03 Gentasari Tahun Pelajaran 2019/2020. Tiga hal pokok penting yang menjadi tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana proses pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa inggris, untuk mengetahui aktivitas peserta didik dalam pembelajaran bahasa Inggris, dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Inggris pada peserta didik . Sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajarran bahasa inggris, dan siswa kelas IV MI Ma’arif 03 Gentasari dan aktivitas yang diamati. Sedangkan Objek data pada penelitian ini adalah setrategi dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran dalam mata pelajaran bahasa Inggris pada peserta didik kelas IV di MI Ma’arif 03 Gentasari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Obeservasi, Wawancara dan Dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga aspek dalam pelaksanaan evaluasi mata pelajaran Bahasa Inggris yaitu evaluasi kognitif, afektif dan psikomotorik. Evaluasi Kognitif berupa evaluasi subjektif, evaluasi objektif, evaluasi formatif, dan evaluasi sumatif. Evaluasi afektif digunakan untuk mengukur sikap peserta didik yang mencakup kepribadian, tanggung jawab, percaya diri, kompetitif, kesehatan jasmani dan rohani. Evaluasi psikomotorik dilakukan untuk mengukur ketrampilan ketrampilan pelafalan bacaan atau ejaan kosa kata dengan baik dan benar serta dalam merespon instruksi sangat sederhana secara verbal. Hasil dari ketiga jenis Evaluasi baik kognitif, psikomotorik dan afektif pada peserta didik kelas IV MI Ma’arif 03 Gentasari telah mencapai nilai atau standar dari Kriteria Ketuntasan Minimal. Kata Kunci : Evaluasi Pembelajaran, Bahasa Inggris, MI Ma’arif 03 Gentasari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Bahasa Inggris, MI Ma'arif 03 Gentasari
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
400 Language > 420 English and Old English > 420.7 Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Afi Dewi
Date Deposited: 15 Feb 2021 09:02
Last Modified: 15 Feb 2021 09:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9408

Actions (login required)

View Item View Item