IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V MI MA'ARIF NU MARGASANA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MEI, SRI WAHYUNI (2021) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V MI MA'ARIF NU MARGASANA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MEI SRI WAHYUNI_IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kesan bahwa masih ada sebagian siswa yang menganggap pelajaran matematika itu sulit. Oleh karena itu minat siswa untuk belajar matematika rendah. Hal ini bisa dilihat dari hasil angket mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang diberikan kepada siswa, dengan menunjukkan hasil 65,8% responden menyatakan kalau siswa tidak senang belajar metamatika karena matematika sulit. Salah satu cara yang dilakukan oleh guru agar siswa menganggap matematika tidak sulit yaitu dengan penggunaan pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pendekatan Problem Based Learning ini telah digunakan guru berkali-kali dalam pembelajaran matematika di Kelas V MI Ma’arif NU Margasana yang disesuaikan dengan materi dan kondisi siswa. Dan dianggap oleh guru sebagai salah satu pendekatan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa, memotivasi siswa membaca, dan dapat membelajarkan siswa secara individu maupun kelompok untuk memecahkan suatu masalah menggunakan pengetahuannya. Tujuan penelitian ini dalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana implementasi pendekatan Problem Based Learning pada pembelajaran matematika kelas V MI Ma’arif NU Margasana tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miles Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendekatan Problem Based Learning pada pembelajaran matematika di kelas V MI Ma’arif NU Margasana berjalan dengan baik dan telah sesuai dengan teori dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaaran, PBL, Matematika
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Mei Sri Wahyuni
Date Deposited: 14 Feb 2021 13:43
Last Modified: 15 Feb 2021 10:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9388

Actions (login required)

View Item View Item