KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AT-TAHLIYAH WA AT-TARGHIB FI AT-TARBIYAH WA AT-TAHDZIB KARYA SAYYID MUHAMMAD

Muhamad, Hasan Taofik (2021) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AT-TAHLIYAH WA AT-TARGHIB FI AT-TARBIYAH WA AT-TAHDZIB KARYA SAYYID MUHAMMAD. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MUHAMAD HASAN TAOFIK_KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK(1).pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA(1).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Konsep pendidikan akhlak adalah sebuah pemahaman mendalam yang tersusun secara sistematis mengenai pendidikan akhlak, yang di dalamnya mencakup tujuan, ruang lingkup, materi, serta metode pendidikan akhlak. Latar belakang penelitian ini yaitu mengingat telah banyaknya literasi akhlak yang dibuat dan diajarkan pada lembaga pendidikan, akan tetapi penanaman akhlak tersebut masih belum maksimal, hal ini dibuktikan dengan masih adanya perilaku menyimpang yang dilakukan oleh pelajar, bahkan sampai terjerumus dalam tindak kriminal. Berangkat dari permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai bagainama konsep pendidikan akhlak dalam kitab At-Tahliyah Wa At-Tarhīb Fī At-Tarbiyah Wa At-Tahdzīb karya Sayyid Muhammad. Kitab At-Tahliyah Wa At-Tarhīb Fī At-Tarbiyah Wa At-Tahdzīb adalah salah satu dari berbagai macam kitab akhlak yang biasa diajarkan di kalangan pesantren, kitab ini terdiri dari 13 BAB yang berisi tentang materi-materi akhlak dan bagaimana cara mendidik jiwa manusia agar mendapatkan kesempurnaan jasmani dan rohani. Kitab ini di karang oleh seorang ulama yang bernama Sayyid Muhammad Al-Maliki Al-Hasani, beliau adalah salah satu ulama yang terkenal dan disegani di kota Mekkah. Beliau dilahirkan pada pada tahun 1365 H bertepatan dengan tahun 1945 M dan wafat pada tahun 1425 H atau 2004 M. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode dokumentasi (documentation research methode) dan study pustaka, sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif dan analisis isi (content analisys), hal ini dikarenakan penelitian ini termasuk kedalam penelitian kepustakaan (library research). Fokus penelitian yang akan dikaji adalah untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan akhlak dalam kitab At-Tahliyah Wa At-Tarhīb Fī At-Tarbiyah Wa At-Tahdzīb karya Sayyid Muhammad. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa tujuan pendidikan akhlak adalah untuk menanamkan dan memperbaiki perilaku manusia kearah kehidupan yang lebih baik, baik dari sisi jasmani dan rohani. Kemudian materi akhlak terbagi menjadi dua yaitu materi tentang akhlak terpuji (mahmudah) dan akhlak tercela (madzmumah) yang dikemas dalam beberapa ruang lingkup yaitu akhlak kepada diri sendiri, akhlak orang tua, akhlak kepada masyarakat, dan akhlak kepada lingkungan atau kepada tanah air. Dari ruang lingkup tersebut kemudian proses pembentukannya dapat disampaikan melalui beberapa metode yaitu metode pembiasaan, metode diskusi atau musyawarah, metode nasihat, metode targhib (kabar gembira) dan tarhib (ancaman).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Akhlak, At-Tahliyah Wa At-Tarhīb Fī At-Tarbiyah Wa At-Tahdzīb
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Hasan Taofik sdr
Date Deposited: 14 Feb 2021 14:12
Last Modified: 14 Feb 2021 14:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9386

Actions (login required)

View Item View Item