PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS

Putri, Ayu Larasati (2020) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI AYU LARASATI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUTRI AYU LARASATI Cover_bab1_bab5_Dafpus.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Pembeajaran tematik integratif merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan beberapa kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. Pemaduan tersebut dilakukan dalam dua hal yaitu integrasi sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan terpadu berbagai konsep dasar yang berkaitan. Pembelajaran tematik integratif memberikan pengalaman langsung kepada siswa dan memberikan pembelajaran yang menyeluruh dan tidak terpisah-pisah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran tematik integratif di MI Darul Hikmah Bantarsoka Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, maka peneliti menggunakan beberapa metode yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik integratif di MI Darul Hikmah mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sudah sesuai dengan komponen dan karakteristik serta hal-hal yang terkait dengan pembelajaran tematik integratif. Adapun tahapan-tahapan pembelajaran tematik integratif di MI Darul Hikmah yaitu a) perencanaan meliputi mencantumkan identitas RPP, menyusun tujuan pembelajaran, menentukan metode dan strategi pembelajaran, menentukan media pembelajaran, menyusun langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan pendekatan scientific dan merencanakan penilaian. b) pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. c) evaluasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Tematik Integratif
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Putri Ayu Larasati
Date Deposited: 15 Feb 2021 02:01
Last Modified: 15 Feb 2021 02:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9385

Actions (login required)

View Item View Item