METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN FATHUL HUDA KEBONDALEM PURWOKERTO

MutoharohNurhidayah, Nim : 092331014 (2016) METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN FATHUL HUDA KEBONDALEM PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text
SEKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metode digunakan dalam serangkaian system pembelajaran yang memegang peranan yang sangat penting dalam keberhasilannya. Skrips iinid ilatar belakangi dengan ditemukannya sejumlah santri yang belum dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh mengenai materi al-Qur’an dan masihterjadi kesalahan dalam membaca al-Qur’an. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren Fathul Huda Kebondalem Purwokerto. Sedangkan tujuan penelitianini adalahuntuk mengetahu ibagaimana implementasimetod epembelajaran di Pondok Pesantren Fathul Huda Kebondalem Purwokerto. Penelitianini merupakan penelitian lapangan ataufield research, dengan jenis penelitiannya kualitatif. Dalam penelitianinipenulismenggunakanpendekatankualitatifdeskriptifsehinggapenulisjugamenggunakanmetodedeskriptif. Subjekdalampenelitianiniadalahustadz/ustadzahdanpengasuhPondokPesantrenFathul Huda KebondalemPurwokerto. Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanmetodeobservasi, wawancaradandokumentasi. Sedangkandalamteknikanalisis data penulisjugamenggunakanmetodeberfikiryaitumetodeinduktif, deduktifdankomparatifsertamenggunakantigaalurkegiatan yang berlangsungsecarabersamaanyaitureduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan. Teknikinidigunakansebagaiacuanuntukmempermudahdalammemahamipenelitian yang disajikansebagaihasilakhirdaripenelitiansehinggadapatmemberikanpemahaman yang semestinya. Hasildaripenelitianinimenunjukan: 1. Metode yang digunakanantara lain: metodeceramah, metodetanya-jawab, metodediskusi, metodehafalan, metodedemonstrasi, metodeqiro’ati, metodedrillataulatihan, metodesorogan (face to face), metodebandongan, metodeimla’, danmetodekerja kelompok. 2. Penggunaan metode pembelajaran olehutadzdan ustadzah sudah sesuai dengan metode-metode yang disampaikan penulis pada landasanteori Bab II. 3. Untuk evaluasi diadakannya khataman setiap tahunpelajaran, diadakan lomba seperti lomba Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ), Lomba Cerdas-Cermat (LCC), dan buku prestasi mengajisantri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Al-Qur’an, Pondok Pesantren Fathul Huda Kebondalem Purwokerto
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 29 Aug 2016 08:45
Last Modified: 29 Aug 2016 08:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/938

Actions (login required)

View Item View Item