PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEMESTER GANJIL SELAMA PANDEMI COVID-19 DI MTS AL-HIDAYAH PURWOKERTO UTARA

NAILA, RAHMA JAMILAH (2021) PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEMESTER GANJIL SELAMA PANDEMI COVID-19 DI MTS AL-HIDAYAH PURWOKERTO UTARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Naila Rahma Jamilah_Pembelajaran Matematika Semester Ganjil Selama Pandemi Covid-19 di MTs Al-Hidayah Purwokerto Utara.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 muncul dan dengan cepat jangkauannya hampir ke seluruh negara. Dampaknya telah merubah tatanan pada semua sektor kehidupan. Terutama dalam dunia pendidikan pemerintah dengan terpaksa menutup sekolah dan menggantinya dengan pembelajaran daring. Khususnya pada mata pelajaran matematika yang termasuk mata pelajaran sulit menurut siswa, mengalami kendala dan mengharuskan guru membuat strategi baru yang berbeda dari strategi yang digunakan ketika pembelajaran luring masih diterapkan. Dalam penelitian ini, memfokuskan pada pembelajaran matematika semester ganjil secara daring yang ada di MTs Al-Hidayah Purwokerto Utara. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah tentang apa saja problematika selama pembelajaran matematika semester ganjil secara daring di MTs Al-Hidayah Purwokerto Utara serta strategi yang diterapkan guru dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja problematika selama pembelajaran matematika semester ganjil secara daring di MTs Al-Hidayah Purwokerto Utara serta strategi yang diterapkan guru dalam pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi eksploratif. Hasil penelitian ini diantaranya adalah problematika dalam pembelajaran matematika semester ganjil secara daring yaitu antara lain: lemahnya jangkauan sinyal internet, mahalnya kuota internet, gawai yang memorinya tidak mendukung, kurang fokusnya belajar di rumah, sulitnya memahami materi matematika, dan kurang mandirinya siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran matematika secara daring yaitu antara lain: strategi pengorganisasian, strategi penyampaian pembelajaran yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti kegiatan, serta penutup, dan strategi pengelolaan pembelajaran. Kata kunci: Pembelajaran matematika, Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Matematika, Pembelajaran masa pandemi, belajar di masa pandemi, matematika masa pandemi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Sdri Naila Rahma Jamilah
Date Deposited: 22 Feb 2021 07:26
Last Modified: 23 Feb 2021 04:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9357

Actions (login required)

View Item View Item