PENGGUNAAN METODE AUDIO-LINGUAL DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM PADA SISWA KELAS VIII MTs ELL-FIRDAUS 1 SIDAREJA

Masruhin, Masruhin (2021) PENGGUNAAN METODE AUDIO-LINGUAL DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM PADA SISWA KELAS VIII MTs ELL-FIRDAUS 1 SIDAREJA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB 1_BAB 5_DAPUS.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MASRUHIN_PENGGUNAAN METODE AUDIO-LINGUAL DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM PADA SISWA KELAS VIII MTs ELL-FIRDAUS 1 SIDAREJA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Arab, ada beberapa keterampilan bahasa yang harus dicapai oleh peserta didik. Salah satunya yaitu keterampilan berbicara atau Mahārah al-kalām. Di MTs Ell-Firdaus 1 Sidareja khususnya kelas VIII, Mahārah al-kalām merupakan keterampilan yang kurang diminati oleh siswa dan diangap sulit oleh sebagian siswa. Hal itu dikarenakan latar belakang pendidikan siswa yang berbeda-beda. Oleh karena itu, guru bahasa Arab di MTs Ell-Firdaus 1 Sidareja menerapkan metode Audio-lingual dalam pembelajaran Mahārah al-kalām. Metode Audio-lingual merupakan salah satu metode pengajaran bahasa Arab yang mengutamakan latihan pendengaran dan pengucapan secara berulang-ulang. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penggunaan metode Audio-lingual dalam pembelajaran Mahārah al-kalām pada siswa kelas VIII di MTs Ell-Firdaus 1 Sidareja?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan bagaimana penggunaan metode Audio-lingual dalam pembelajaran Mahārah al-kalām pada siswa kelas VIII di MTs Ell-Firdaus 1 Sidareja. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Subjek dari penelitian ini adalah kepala madrasah, guru bahasa Arab dan siswa. Sedangakan objek dari penelitian ini adalah penggunaan metode Audio-lingual dalam pembelajaran Mahārah al-kalām pada siswa kelas VIII di MTs Ell-Firdaus 1 Sidareja. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran Mahārah al-kalām dengan metode Audio-lingual di kelas VIII di MTs Ell-Firdaus 1 Sidareja diawali dengan persiapan, seperti menyusun silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan mempersiapkan materi yang akan diajarkan. Kemudian langakah pelakasanaan, yaitu guru membacakan percakapan bahasa Arab, siswa menyimak, kemudian siswa menirukan percakapan bahasa Arab tersebut secara bersama-sama dan berulang-ulang, guru menterjemah percakapan tersebut, kemudian siswa mempraktikan percakapan tersebut bersama temannya secara bergantian. Kemudian langkah evaluasi, yaitu evaluasi tertulis dengan cara siswa menjawab soal-soal secara tertulis yang ada di buku paket, sedangakan evaluasi tidak tertulis yaitu dengan penilaian praktik berbicara yang dilakukan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Audio-lingual, Pembelajaran, Mahārah al-kalām.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdr Masruhin M
Date Deposited: 13 Feb 2021 23:16
Last Modified: 13 Feb 2021 23:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9354

Actions (login required)

View Item View Item