PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH BANYUMAS

Laraswati, Laraswati (2021) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
LARASWATI_PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Banyumas. Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting dan menjadi salah satu tujuan pembelajaran matematika. Pentingnya kemampuan penalaran matematis untuk siswa sehingga kemampuan ini perlu untuk dikembangkan dengan terus belajar dan berlatih soal-soal matematika. Keberhasilan dari suatu pembelajaran dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu kebiasaan belajar. Kebiasaan belajar di kelas VII SMP Muhammadiyah Banyumas berbeda-beda tiap siswanya. Sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa juga berbeda-beda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Banyumas yang berjumlah 39 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini adalah 32 siswa yang dalam penentuan ukuran sampel ini didasarkan pada tabel Krejcie. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Banyumas. Besar koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah 0,194. Sehingga, dapat dikatakan bahwa besar pengaruh kebiasaan belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Banyumas sebesar 19,4 %. Sedangkan sebesar 80,6 % kemampuan penalaran matematis siswa dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Penalaran, Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar, Penalaran, Matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sdri Laraswati Laraswati
Date Deposited: 11 Feb 2021 03:33
Last Modified: 11 Feb 2021 03:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9343

Actions (login required)

View Item View Item