KOMPETENSI SOSIAL GURU DI MI MUHAMMADIYAH KARANGLEWAS KIDUL KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

Yana, Lusifiani (2020) KOMPETENSI SOSIAL GURU DI MI MUHAMMADIYAH KARANGLEWAS KIDUL KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yana Lusifiani_Kompetensi Sosial Guru di MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas.pdf

Download (45MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan pekerjaan yang tidak hanya bisa mengajar tetapi lebih dari itu, seorang guru memiliki arti penting baik itu di sekolah ataupun di lingkungan sekitar. MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul terletak di daerah pedesaan sehingga guru harus mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik, karena seorang guru itu selalu digugu dan ditiru segala tingkah lakunya oleh masyarakat sekitar. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru untuk mempunyai kompetensi sosial dalam meningkatkan hubungannya dengan warga madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kompetensi Sosial Guru di MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, dan masyarakat sekitar. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan teknik analisis data model Milles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi sosial guru di MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas sudah sesuai dengan indikator-indikator kompetensi sosial menurut Peraturan Menteri Pendidikan nasional No 16 tahun 2007 tentang kompetensi sosial guru yaitu: Guru selalu berikap terbuka, objektif dan tidak pernah bersikap diskriminatif; Komunikasi guru dilakukan dengan cara yang santun dan tetap menjaga etika sebagai seorang guru, komunikasi dilakukan melalui berbagai media seperti grup whatsapp atau paguyuban wali murid; Guru beradaptasi di tempat bertugas dengan cara menjaga tutur kata dan etika serta mengikuti aturan yang berlaku di masyarakat; Guru mengkomunikasikan hasil inovasinya di saat istirahat atau di saat kegiatan baik secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sosial Guru, MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yana Lusifiani sdr
Date Deposited: 11 Feb 2021 03:10
Last Modified: 11 Feb 2021 03:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9335

Actions (login required)

View Item View Item