PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI RA DIPONEGORO 96 BANJARANYAR KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS

Nia, Nadhiroh (2021) PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI RA DIPONEGORO 96 BANJARANYAR KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NIA NADHIROH_PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peran guru dalam pengembangan kognitif anak usia dini sangatlah penting untuk membantu tumbuh kembang anak melalui berbagai kegiatan yang dirancang oleh guru dalam pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memdiskripsikan peran guru dalam pengembangan kognitif anak usia dini di RA Diponegoro 96 Banjaranyar. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang bersifat deskriptif jualitatif yang mana peneliti secara langsung terlibat dilapangan. Sumber data terdiri dari atas informan, tempat ( peristiwa) dan dokumen. Adapun informan dalam penelitian ini Kepala RA, guru, wali murid dan anak di RA Diponegoro 96 Banjaranyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh fari lokasi penelitian peneliti berusaha mengumpulkan seluruh data dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian peneliti mereduksi data, menyajikan data dan memverivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dalam pengembagan kognitif siswa di RA Diponegoro 96 Banjaranyar adalah dengan memberikan nasihat, motivator sebagai inspirasi dan dorongan, pembimbing dalam pengembangan sikap,serta peran guru sebagai transmiter dari ide dan sebagai katalisator dari nilai dan sikap. Kegiatan yang direalisasikan oleh guru memberikan perkembangan cukup pesat bagi anak.Dengan kegiatan tersebut membantu menumbuh kembangkan kognitif anak usia dini berdasarkan indikator pengembangan kognitif. Hasil dari peran guru dalam pengembangan kognitif anak adalah anak mampu belajar dan memecahkan masalah, berfikir logis dan berfikir simbolik. Melalui kegiatan menghitung dengan jari, bernyanyi, berolahraga, bermain, menghitung benda dan bermain menggunakan kartu angka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran guru, pengembangan kognitif dan anak usia dini.
Subjects: 200 Religion > 202 Miscellany of Christianity
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nia Nadhiroh sdr
Date Deposited: 11 Feb 2021 02:49
Last Modified: 11 Feb 2021 02:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9330

Actions (login required)

View Item View Item